logo


Supaya Tak Fatal, Segera Lakukan Hal Ini Saat Mengalami Pecah Ban!

Pecah ban bisa berakibat fatal, sebab kejadian itu bisa terjadi kapan dan di mana saja secara tiba-tiba.

3 Januari 2019 18:21 WIB

Ban Mobil / Kendaraan
Ban Mobil / Kendaraan autos.id

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kejadian pecah ban memang tidak bisa diprediksi kapan datangnya. Untuk itu, bagi pengendara roda empat atau lebih, rasanya wajib paham mengenai teknik bagaimana antisipasi ketika mengalami pecah ban dalam kondisi mobil melaju kencang.

"Pecah ban tidak akan terjadi bila ban mempunyai tekanan angin yang benar," ujar Adrianto Sugiatro Wiyono, Senior Instructor Road Safety Researcher Indonesia Defensive Driving Center yang dilansir dari laman Kabar Oto.

Lebih lanjut Adri menjelaskan, bahwa saat tekanan angin berkurang, gesekan tidak hanya terjadi di tapak ban, melainkan dapat menyentuh dinding (side wall) dari ban. Gesekan pada dinding ban dengan aspal itu lah yang makin lama menimbulkan panas sehingga dapat membuat ban menjadi sobek bahkan pecah.


Sering Matikan Mesin Mobil Tiba-tiba? Akibatnya Bisa Fatal

Untuk itu, Adri menyarankan agar kondisi tekanan angin ban harus rajin diperiksa agar dalam kondisi yang tepat. Lantas bagaimana bila pengemudi mengalami pecah ban saat melaju kencang, di jalan tol misalnya?

"Yang utama jangan panik, dan tetap tenang," pesan Adri. Lalu pertahankan arah kendaraan dengan menahan kemudi, serta kurangi tekanan gas secara perlahan/gradual.

Mobil Nekat Terjang Banjir? Ini Akibat yang Akan Kamu Tanggung!

Halaman: 
Penulis : Kesdik Bayu