logo


Benarkah Penderita Auitisme Malah Memiliki Otak yang Cerdas?

Sepintas, autisme dan kecerdasan adalah dua hal yang saling bertentangan, benarkah demikian?

3 Januari 2019 16:45 WIB

Ilustrasi Kecerdasan
Ilustrasi Kecerdasan geneticliteracyproject.org

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Sepintas, autisme dan kecerdasan adalah dua hal yang saling bertentangan. Namun, siapa sangka jika keduanya saling terkait satu sama lain. Kebanyakan orang dengan gejala autisme memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi.

Melansir dari CNN Indonesia, autisme merupakan sebuah spektrum yang menggambarkan beragam jenis gangguan perkembangan pada otak. Umumnya, para pengidap autisme mengalami gejala seperti kesulitan berkomunikasi, berinteraksi secara sosial, mengungkapkan emosi dan perasaan, serta memahami keadaan lingkungan sekitar.

Baca juga: Minum Ramuan Ini Tiap Malam dan Perut Buncit Kamu Akan Menghilang!


Cara Ini Bisa Atasi Masalah Hidung Tersumbat dengan Cepat

Namun, gejala-gejala itu seolah lenyap kala orang-orang autisme justru memperlihatkan kelebihannya dengan label genius yang diberikan oleh publik. Sebut saja Albert Einstein, Sir Isaac Newton, dan Mozart.

Makalah berjudul "Autism and Genius: Is There a Link? The Involvement of Central Brain Loops and Hypotheses for Functional Testing" menulis bahwa autisme melibatkan perubahan dalam proses otak yang mendasar, termasuk organisasi sirkuit jangka pendek maupun panjang dan kemungkinan sinkronisasi aktivitas.

Suka Makan Makanan Pedas? Ini Efek Baik yang Kamu Dapat

Halaman: 
Penulis : Kesdik Bayu