logo


Pertamina Gelar Latihan Penanggulangan Tumpahan Minyak

Kegiatam ini untuk menguji kehandalan sistem penanggulangan keadaan darurat di lingkungan Pertamina

2 Januari 2019 15:23 WIB

Ilustrasi pertamina.
Ilustrasi pertamina. dok. JITUNEWS

Skenario simulasi keadaan darurat yang diadakan meliputi simulasi tumpahan minyak di wilayah perairan Tier-1 Terminal BBM Tual. Dalam keadaan darurat ceceran minyak, langkah pertama yang dilakukan adalah mempersiapkan oil boom, oil skimmer, dan oil dispersant pump dan kemudian melakukan penarikan oil boom membentuk konfigurasi U untuk melokalisir tumpahan minyak.

Kemudian dilakukan penghisapan minyak yang telah terlokalisir dan melaksanakan penyemprotan terhadap cermin-cermin ceceran minyak yang lolos dari areal oil boom. Jika penghisapan minyak yang telah terlokalisir telah selesai dilaksanakan dan sisa-sisa minyak yang lolos telah dilakukan penyemprotan maka penanggulangan ceceran minyak telah dilakukan dengan baik, aman, dan lengkap. Hal ini dilakukan bertujuan untuk melindungi lingkungan perairan di sekitar wilayah operasi TBBM.

Kemudian, Operation Head TBBM Tual, Rudi Mahendra, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian simulasi keadaan darurat yang melibatkan seluruh pekerja dan TKJP di TBBM Tual, serta pihak-pihak eksternal yaitu petugas kesehatan, petugas syahbandar, TB Bintuni dan observer UPP Pelabuhan Tual yang terlibat dalam penanganan keadaan darurat di perairan tier-1.


Longsor Sukabumi, Pertamina Jamin Distribusi BBM dan LPG Normal

"Kesiapan dalam menghadapi keadaan darurat di kawasan TBBM Tual merupakan wujud komitmen kami untuk mendukung komitmen zero fatality , dan antisipasi untuk mencegah serta menanggulangi kejadian yang tidak terduga," jelas Rudi.

"Selain meminimalisasi dampak kerugian materi, kesiapsiagaan menghadapi keadaan darurat di TBBM Tual akan menjamin pelayanan dan kegiatan operasional penyaluran dan penerimaan BBM tidak terganggu," tutupnya.

Tingkatkan Cadangan Migas, Ini Aksi Pertamina EP

Halaman: 
Penulis : Riana