logo


Kaleidoskop KESDM 2018 (1): Mahakam Kembali ke Pangkuan…

Penyederhanaan regulasi besar-besaran dilakukan di awal tahun 2018, salah satunya dilakukan untuk menggenjot laju investasi

2 Januari 2019 10:13 WIB

Kaleidoskop KESDM 2018
Kaleidoskop KESDM 2018 Dok. KESDM

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Energi Berkeadilan terus dijadikan pondasi pengelolaan sektor ESDM pada tahun 2018. Bahkan pembangunan infrastruktur ESDM menjadi titik berat penggunaan APBN di sektor ini, dalam rangka memberikan akses energi bagi seluruh rakyat Indonesia, utamanya di daerah 3T (terdepan, terluar dan tertinggal) wilayah Timur Indonesia.

Program-program pro rakyat terus digulirkan. BBM Satu Harga, pembagian Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) untuk wilayah yang sama sekali belum mendapatkan akses listrik, pembagian konverter kit BBM ke LPG untuk nelayan, pembangunan infrastruktur jaringan gas untuk rumah tangga, dan program-program pembangunan infrastruktur ESDM lainnya.

Mengawali tahun 2018, tonggak sejarah ditorehkan pada subsektor migas setelah Blok Mahakam yang menjadi salah satu blok migas terbesar di Indonesia dialihkelola oleh perusahaan nasional di bawah PT. Pertamina (Persero). Momentum ini juga titik penting dalam peralihan skema Cost Recovery menjadi Gross Split.


Akhir Tahun 2018, BBM Satu Harga Jangkau 131 Titik

Penyederhanaan regulasi besar-besaran dilakukan di awal tahun 2018, salah satunya dilakukan untuk menggenjot laju investasi dengan memangkas berbagai perijinan yang tidak diperlukan. Berikut antara lain review kejadian penting di sektor energi yang terjadi pada tahun 2018 kuartal pertama, dikutip dari laman esdm.go.id, Rabu (2/1):

Realisasi Anggaran ESDM di Atas 87%,Tertinggi di 10 Tahun Terakhir

Halaman: 
Penulis : Riana