logo


Jelang Malam Tahun Baru, Pertamina Amankan Pasokan BBM

Konsumsi Solar dan Dex Series diperkirakan masih mengalami penurunan konsumsi hingga 1% dari kondisi normal

31 Desember 2018 17:20 WIB

Ilustrasi suasana pengisian BBM di salah satu SPBU Pertamina
Ilustrasi suasana pengisian BBM di salah satu SPBU Pertamina JITUNEWS/Rezaldy

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Jelang malam pergantian tahun, Pertamina Marketing Operation Region (MOR) III yang mencakup wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten memastikan kebutuhan bahan bakar minyak (BBM) masyarakat, terutama di jalur tol dan wisata dapat tercukupi.

Beberapa wilayah mengestimasi peningkatan konsumsi BBM jenis Pertamax Series serta Pertalite sekitar 15-20%, diantaranya wilayah Bogor dan Bandung. Kenaikan disebabkan banyaknya wisatawan lokal karena liburan sekolah sekaligus perayaan Tahun Baru.

"Sebagian warga Jabotabek berlibur ke Bandung sehingga diperkirakan ada kenaikan konsumsi. Wisatawan lokal juga menghindari area pantai sehingga alternatif liburan adalah dataran tinggi seperti Puncak dan Bogor," jelas Unit Manager Communication & CSR MOR III, Dian Hapsari Firasati, Senin (31/12).


PEP Percepat Tajak Sumur Sopa DZ-2 di Pendopo Field

Adapun, titik malam pergantian Tahun Baru di wilayah MOR 3 diperkirakan meliputi Puncak, Ciater, Kuningan, Lembang, Cipanas, Garut, serta Pelabuhan Ratu. Selain itu, di Jakarta antara lain Ancol, Monas dan sekitarnya.

Dian menambahkan, kebijakan Pemda setempat dalam mengurai kemacetan turut mempengaruhi konsumsi malam pergantian tahun. Salah satunya adalah Car Free Night (CFN) seperti yang akan diterapkan di Bekasi dan Jakarta. Sebagian warga Bekasi diperkirakan akan merayakan Tahun Baru di sekitar pusat perbelanjaan.

Sementara itu, konsumsi Solar dan Dex Series diperkirakan masih mengalami penurunan konsumsi hingga 1% dari kondisi normal karena kendaraan jenis truk belum diperbolehkan melintas di jalan tol.

Yeay! Harga BBM di Ayamaru Utara Kini Sama Seperti di Jawa

Halaman: 
Penulis : Riana