logo


Makan Ini, Anda Akan Merasa Senang

Makan Ini, Anda Akan Merasa Senang

7 Mei 2014 03:00 WIB


JAKARTA, JITUNEWS.COM - Manusia memiliki hormon yang dapat membuatnya merasa senang. Hormon itu disebut Serotonin. Tanpa itu, seseorang akan selalu murung takut, atau bahkan bersikap depresif. Serotonin hanya bisa dibentuk di otak. Agar bisa terbentuk, diperlukan Triptofan, asam amino yang menyusun protein. Berikut beberapa beberapa bahan makanan yang dapat membuat Anda merasa senang.

1.    Yang Manis
Makanlah makanan manis atau yang mengandung gula. Hal ini dapat menimbulkan perasaan senang senang karena gula menyebabkan tubuh bisa menyerap Triptofan. Hal ini menjalankan, kenapa makan coklat, bisa meningkatkan kemungkinan merasa senang. Namun, gula paling baik adalah yang terkandung dalam karbohidrat. Misalnya, dalam buah, pasta, kentang, juga beras. Jadi, makanan kaya karbohidrat dan miskin protein bisa meningkatkan konsentrasi hormon Serotonin di otak, dan menyebabkan orang merasa lebih senang.

2.    Yang Pedas


Makanlah makanan pedas. Anda termasuk beruntung jika Anda termasuk orang yang suka makan makanan pedas. Rasa pedas secara tidak langsung akan mendorong orang merasa senang. Alasannya, jika orang kepedasan, otak akan menginterpretasikannya sebagai rasa sakit, sehingga memproduksi Endorphin (homon penghilang rasa sakit) dalam jumlah besar untuk menghilangkan rasa sakit. Sebagai akibatnya, orang merasa senang.

3.    Yang Harum

Jika anda ingin mengurangi konsumsi makanan manis atau pedas tetepi tetap ingin merasa senang, tambahkan vanili dalam hidangan Anda. Vanili, jika dicampur dalam makanan, akan memunculkan aroma yang tidak hanya menekan keinginan untuk memakan sesuatu yang manis, tetapi juga menimbulkan pembentukan Serotonin di otak. Baik vanili maupun rasa vanili meningkatkan perasaan positif. (RT)

Sumber: Radio Jerman: Deutsche Welle
 

Wow, Battle Chef di Batam

Halaman: 
Penulis :