logo


Tak Melulu Kelaparan, Ini Sebab Perut Bisa Keroncongan

Tetapi, kalian juga harus waspada, pasalnya perut keroncongan bisa berarti tanda penyakit

31 Desember 2018 15:15 WIB

Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ketika kita lapar, pasti perut akan mengelurkan bunyi yang menandakan lambung butuh diisi asupan makanan. Tetapi, tak melulu karena kelaparan lho, bunyi perut tersebut normal dan alami kok.

Lapar atau tidak, perut akan tetap mengeluarkan suara gemuruh. Hal ini akibat dari gerakan peristaltik, yaitu gerakan tidak sadar pada saluran pencernaan yang diatur oleh otak. Gerakan tersebut bertujuan untuk mendorong makanan, cairan serta gas untuk masuk ke dalam.

Baca Juga: Jelang Tahun Baru, Kubu Prabowo: Jangan Lupa di Malam Tahun Baru Gunakan Atribut 2019 Ganti Presiden


Kalian Sering Konsumsi Terong Mentah? Mulai Sekarang Stop, Ada Senyawa Berbahaya di Dalamnya

Kubu Jokowi Jawab Sindiran Andi Arief, "Ini Orang Sakit Sepertinya, Kebanyakan Micin

Cara kerjanya hampir sama seperti jantung memompa darah. Ritme yang dihaslkan sekitar 12 kali per menit pada usus halus dan tiga kali per menit pada lambung.

Tetapi, kalian juga harus waspada, pasalnya perut keroncongan bisa berarti tanda penyakit. Terdapat dua jenis bunyi yang dihasilkan perut, yaitu hiperaktif dan hipoaktif.

Hiperaktif, suara lebih terdengar jelas dan terjadi dalam waktu singkat. Bunyi tersebut muncul sebelum makan atau waktu kalian mengalami diare. Kebalikannya hiperaktif, hipoaktif terjadi penurunan suara perut sehingga bunyinya kecil tak terdengar. Bunyi ini muncul ketika tidur atau mengalami sembelit.

Jangan Coba-coba Mengonsumsi Semangka Sebelum Tidur, Ini Akibatnya!

Halaman: 
Penulis : Nugroho Meidinata