logo


Mobil Nekat Terjang Banjir? Ini Akibat yang Akan Kamu Tanggung!

Jika ada mobil yang terkena terendam banjir, bisa jadi rem akan terkena akibatnya.

27 Desember 2018 20:21 WIB

Rem Mobil / Kendaraan
Rem Mobil / Kendaraan kabaroto.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Genangan air atau bbanjir yang merendam mobil bisa berakibat pada rem yang nantinya akan bermasalah.

Tinggi genangan air bisa dilihat apakah sudah mencapai separuh lebih dari roda atau belum. Jika 3/4 roda sudah terendam air, dipastikan perangkat rem yaitu kampas rem, kaliper dan rotor disc / tromol rem juga akan terendam oleh air.

Baca juga: Sering Matikan Mesin Mobil Tiba-tiba? Akibatnya Bisa Fatal


Ternyata Sakit Flu Dapat Tingkatkan Resiko Serangan Jantung!

Melalui situs Astra World, kondisi ini dapat mengganggu kinerja pengereman karena kemampuan cengkraman kampas rem dapat menurun setelah terendam.

konstruksi sistem rem memang sudah dilengkapi dengan karet dan seal pelindung agar air tidak mudah masuk ke dalam caliper dan ke dalam saluran minyak rem. Sehingga saat dikendarai ketika hujan, rem tetap berfungsi dengan baik.

Namun terdapat perbedaan kondisi saat melintas air yang menggenang atau bahkan banjir yang terus menerus merendam komponen rem. Kondisi tersebut dapat mengakibatkan terganggunya kinerja sistem rem yang diakibatkan efek dari genangan air dan banjir yang dapat mempengaruhi baik jangka pendek ataupun jangka panjang.

Sering Matikan Mesin Mobil Tiba-tiba? Akibatnya Bisa Fatal

Halaman: 
Penulis : Kesdik Bayu