logo


Tips Jitu Menanggapi Pertanyaan "Kapan Kawin?"

Jawab dengan kalimat bijak seperti "Nanti akan ada saatnya sendiri kok

13 Februari 2015 11:22 WIB

Tips Jitu Menanggapi Pertanyaan
Tips Jitu Menanggapi Pertanyaan "Kapan Kawin?"

JITUNEWS.COM - Ketika usia sudah dianggap matang untuk menikah, orang-orang sekitar terkadang melontarkan pertanyaan "kapan menikah?", apalagi bila Anda bertandang ke sebuah resepsi pernikahan. Mungkin pertanyaan tersebut dianggap biasa oleh kaum adam, namun terkadang pertanyaan tersebut membuat kesal dan badmood bila dilontarkan kepada kaum hawa. Tapi jangan khawatir, berikut ini tips jitu menanggapi pertanyaan tersebut. Semoga bermanfaat.

1. Beri Senyuman Termanis
Satu senyuman bisa memberikan banyak arti. Kalau Anda sedang malas untuk menanggapi pertanyaan orang yang mendesak Anda untuk menikah, berikan saja sebuah senyuman. Senyum tersebut tentu akan membuat hati Anda merasa tenang.
 
2. Berikan Jawaban Sok Bijak
Membuat semua orang mengerti memang susah. Tapi tak ada salahnya untuk sesekali bersikap lebih tegas pada orang yang suka rempong, dan campur tangan dengan kehidupan Anda. Misalnya saja, ketika ditanya “Kenapa belum nikah?” Anda bisa berikan jawaban yang bijak. Ehm, jawaban sok bijak pun juga tak apa-apa. seperti “Nanti akan ada saatnya sendiri kok”. Atau “Ya, jodoh kan datang pada saat yang tepat”. Kadang memang tak mudah untuk memberikan jawaban bijak pada orang yang bertanya kapan Anda menikah.

3. Tanya Balik
“Kapan nikah?” tanya seorang sahabat yang sudah menikah, tapi belum punya momongan. Kalau Anda berani, Anda bisa bertanya balik, “Kapan punya momongan?” Pertanyaan dengan kata tanya "kapan", memang bisa begitu menyebalkan. Seolah-olah hidup ini selalu dikejar-kejar target yang ditentukan orang lain. Padahal segala sesuatunya ada waktu dan masanya tersendiri.

4. Jawab dengan ‘Doain Aja Yaa’
Nah ini dia pernyataan yang paling aman untuk menanggapi pertanyaan, “Kapan nikah”. Setiap kali orang bertanya dan mendesak untuk menikah, tanggapi saja dengan, “Doain aja ya!”. Hitung-hitung untuk mempercepat datangnya jodoh juga. Makin banyak orang yang mendoakan, nanti pastinya akan ada hal baik yang terjadi dalam hidup Anda.

5. Bersikap Cuek
Biar orang-orang itu tahu rasa dan nggak terus-menerus mengganggu Anda dengan pertanyaan “Kapan nikah”, Anda bisa bersikap cuek. Bersikap cuek ini jadi cara Anda untuk memperlihatkan rasa tidak suka dan kesal kepada penanya. Tapi hati-hati, Jangan sampai Anda menyinggung hati atau perasaan orang yang bertanya pada Anda. Sesekali diselingi dengan nada bercanda juga bisa. Yang perlu digarisbawahi adalah untuk memastikan orang lain tahu bahwa Anda merasa tak nyaman jika dicecar dengan pertanyaan, “kapan nikah” tersebut.

6. Pasang Wajah Serius
Menikah kan bukan urusan yang main-main. So, Anda bisa coba pasang wajah serius setiap kali ditanya kapan nikah. Kalau Anda tak suka didesak atau dipaksa-paksa untuk menikah, pasang wajah serius. Anda hanya perlu menunjukkan ketegasan tanpa harus mengeluarkan banyak kata. Bila si penanya sadar diri, dia pasti akan bisa lebih mudah memposisikan dirinya.

7. Pergi Meninggalkan Si Penanya
Sudah bosan? Nggak tahan lagi dengan pertanyaan kapan nikah yang terus ditanyakan berulang-ulang? Merasa tersiksa setiap kali ditanya soal nikah? Kalau sudah begini, Anda bisa memilih untuk meninggalkan si penanya. Demi ketenangan diri Anda sendiri.

 

7 Tips Hilangkan Rasa Malas dalam Dirimu

Halaman: 
Penulis : Christophorus Aji Saputro, Hasballah