logo


Ternyata Planet Mars Punya Kawah Es Raksasa Berdiameter 82 Km

Mars Express Orbiter telah mengambil gambar sebuah kawah yang penuh dengan es di permukaan Mars.

26 Desember 2018 15:39 WIB

Korolev Mars
Korolev Mars wikipedia

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Mars Express Orbiter telah mengambil gambar sebuah kawah yang penuh dengan es di permukaan Mars. Gambar tersebut kemudian dikirimkan oleh European Space Agency (ESA) bertepatan dengan musim liburan di bulan Desember.

Melansir dari tek.id (26/12), gambar yang diambil Mars Express Orbiter merupakan sebuah kawah dengan diameter sekitar 82 km dan terletak pada dataran rendah di wilayah utara Mars. Sekilas, kawah tersebut penuh berisi salju, namun nyatanya kawah itu berisi es yang terbentuk dari air. Para peneliti menduga, ketebalan es itu mencapai 1,7 km di bagian tengahnya.

Baca juga: Menolak Lupa, Inilah Ledakan Dasyat yang Melahirkan Gunung Anak Krakatau


Kepiting Ini Punya Darah Berwarna Biru dan Harganya Luar Biasa Mahal!

Para peneliti tersebut meyakini bahwa kawah ini sudah penuh dengan es di sepanjang tahun karena sebuah fenomena yang dikenal dengan nama “cold trap”. Bagian paling dalam kawah itu berisi es yang akan mendinginkan udara saat bergerak di atasnya. Udara dingin tersebut selanjutnya akan bergerak ke bawah menciptakan lapisan udara dingin di atas es yang bertindak seperti pelindung untuk menjaga es tetap stabil.

Foto kawah tersebut diambil menggunakan kamera Express High Resolution Stereo Camera (HRSC). Ada lima gambar kawah yang diambil oleh armada Mars Express Orbiter. Gambar itu sendiri diambil dalam periode berbeda. Pengambilan pertama dilakukan awal tahun 2018. Selanjutnya ESA menggabungkan kelima gambar tersebut menjadi sebuah gambar kawah utuh dengan es berwarna putih di bagian tengahnya.

Sekadar informasi, kawah tersebut diberi nama kawah Korolev mengikuti nama seorang perancang pesawat antariksa, Sergei Korolev. Ia merupakan bapak astronot Soviet yang pernah mengemban misi Sputnik dan perjalanan pertama Soviet ke bulan

Sering Lupa Menaruh Barang? Atasi dengan Cara Ampuh Ini

Halaman: 
Penulis : Kesdik Bayu