logo


BMKG Buka Suara Soal Suara Dentuman yang Terdengar di Bandung Semalam

Suara dentuman yang terdengar di beberapa wilayah di Bandung, Jawa Barat masih misterius.

26 Desember 2018 14:57 WIB


Dari laporan yang diterima suara itu terdengar pada hari Selasa (25/12) pukul 23.28 WIB, 23.37 WIB dan 23.52 WIB.

Dari hasil analisis yang dilakukan, dia menjelaskan suara tersebut diperkirakan suara petir.

Sebab, di musim penghujan di wilayah Jabar terdapat kumpulan awan-awan konektif yang berpotensi terjadi suara gemuruh, petir serta hujan.


BMKG Ungkap Penyebab Terjadinya Tsunami Selat Sunda

"Dari analisa alat lightning Detector (alat untuk memantau aktivitas petir) milik BMKG yang dioperasikan di Lembang dan dapat memantau seluruh wilayah Jawa Barat. Bahwa pada jam tersebut telah terjadi petir di Barat dan Tenggara wilayah Bandung," ujar Tony, pada hari Rabu (26/12) melalui pesan singkatnya.

Tony menyatakan, analisis yang dilakukannya itu merupakan hasil laporan dari masyarakat. Dia tidak ingin mengaitkan dengan suara dentuman misterius yang terdengar di sejumlah wilayah di Jabar dan Sumatera Selatan dalam beberapa hari terakhir ini.

"Kami hanya mendapat info masyarakat yang tadi malam mendengar suara gemuruh dari arah barat dan masyarakat mencatat jam kejadiannya," ucap dia.

Pihaknya juga mengaku, sampai saat ini belum mendapat informasi rekaman suara gemuruh atau dentuman yang didengar oleh masyarakat. Dia mengatakan bahwa info yang diperoleh harus jelas sumber dan isinya.

Alhasil, dia belum bisa mengatakan secara pasti dari mana sumber suara itu berasal.

Terkait Tsunami Selat Sunda, DPR: yang Bertanggung Jawab Menteri Keuangan

Halaman: 
Penulis : Uty Saifin Nuha