logo


Tak Selalu Berdampak Buruk, Menahan Kencing Juga Bermanfaat Lho

"Tekanan pada kandung kemih dapat mengaktifkan bagian dari otak"

26 Desember 2018 14:21 WIB

Tahan kencing
Tahan kencing detikHealth

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kamu suka menahan kencing? Beberapa ahli kesehatan tidak merekomendasikan kebiasaan tersebut. Tapi, siapa sangka, menahan kencing juga bisa bermanfaat lho.

Seorang profesor psikologi California State University, Iris Blandon-Gitlin, melakukan penelitian untuk membuktikan manfaat menahan buang air kecil bagi otak. Ia mengatakan bahwa kontrol impuls-lah yang mendorong hal tersebut.

Baca Juga: Tanggapi Surat dari Pendiri PAN, PAN: Mereka Pendukung Paslon Lain


Jangan Pernah Dilakukan! Ini yang Terjadi Padamu Jika Sering Menahan Kencing

Putera Ma'ruf Amin Tanggapi Ucapan Selamat Natal Ayahanda, "Sebagai Calon Pemimpin, Bukan Untuk...."

"Tekanan pada kandung kemih dapat mengaktifkan bagian dari otak yang membantu melawan dorongan seperti keinginan menahan buang air kecil," ujar Iris yang Jitunews kutip dari suara.com (25/12).

Selain itu, menahan kencing juga dapat melatih kontrol diri kamu. Penelitian menunjukkan bahwa umumnya seseorang lebih mampu mengendalikan emosinya ketika sedang menahan kencing.

Pasalnya, seluruh perhatiannya terfokus pada bagian otak yang mengendalikan sfingter. Saat fokus ini teralihkan, maka bukan tidak mungkin sfingter akan kendor dan membocorkan urin kamu.

Tetapi, jika melihat bahayanya yang bisa merusak ginjal, kita tidak menyarankan kamu untuk menahan kencing ya Kawan Jitu.

Yuk Kenali Tanda Anak Berpotensi Jadi Psikopat saat Dewasa

Halaman: 
Penulis : Nugroho Meidinata