logo


Konyolnya Perang Dunia II, Kapal Ini Tenggelam Akibat Kebocoran Tinja

Perang Dunia II juga ada kejadian konyolnya lho.

24 Desember 2018 22:02 WIB

Kapal Selam Perang Dunia II
Kapal Selam Perang Dunia II jejaktapak

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Perang Dunia II tak melulu soal kejayaan dan kepahlawanan. Kejadian konyol pun tak lepas dari perang tersebut. Seperti cerita berikut yang dikutip dari laman Liputan6.

Pihak Jerman menjadi pelopor dalam teknologi pengolahan tinja dalam kapal selam. Cukup rumit membayangkan prosesnya, tapi membuang tinja dalam kapal selam adalah hal yang rumit.

Baca juga: Siapa Sangka, Buah-buahan Ini Ternyata Bisa Bikin Kamu Awet Muda


Terjawab! Inilah Fungsi dari Tali Kecil di Belakang Kemeja

Biasanya, awak kapal selam baru melakukannya ketika dekat ke permukaan laut, tapi pihak Jerman memiliki teknologi "jamban bertekanan tinggi untuk air dalam" sehingga memungkinkan mereka membuang tinja ketika kapal selam sedang berada di dasar laut.

Prosesnya tidak mudah. Ketika kapal selam U-1206 milik Jerman mencoba pada awalnya, para insinyur sempat membuka katup yang salah sehingga kapal selamnya tenggelam.

Bukannya mengarahkan tinja ke laut, insinyur itu membuka katup yang mengalirkan campuran tinja dan air laut masuk ke dalam kapal selam. Tinja muali memenuhi kapal selam hingga mencapai baterai-baterai dan mengeluarkan gas klorin.

Baca juga: Siapa Sangka, Buah-buahan Ini Ternyata Bisa Bikin Kamu Awet Muda

Kapal selam itu terpaksa diapungkan ke permukaan untuk mencegah keracunan gas, tapi mereka langsung dihajar oleh kapal-kapal perang Inggris ketika muncul di permukaan.

Para awak kapal melompat ke sekoci-sekoci karet dan mendayung menuju pantai terdekat, meninggalkan kapal selam yang dipenuhi tinja mereka sendiri.

Inilah Alasan Kenapa Tidak Ada Nomor 420 di Kamar Hotel Manapun

Halaman: 
Penulis : Kesdik Bayu