logo


H-1 Natal, Jonan Jamin BBM dan Listrik di Surabaya Cukup

Jonan menyebut, untuk saat ini BBM di wilayah Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara dalam kondisi aman dan tidak ada kendala penyediaan.

24 Desember 2018 19:09 WIB

Menteri ESDM, Ignasius Jonan, Senin (24/12), melakukan kunjungan kerja ke Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Surabaya dan PLN Transmisi Jawa Bagian Timur dan Bali di Waru, Sidoarjo, guna memastikan pasokan BBM dan listrik menyambut Hari Raya Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 wilayah Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara dalam kondisi aman, termasuk daerah tujuan wisata seperti Labuhan Bajo.
Menteri ESDM, Ignasius Jonan, Senin (24/12), melakukan kunjungan kerja ke Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Surabaya dan PLN Transmisi Jawa Bagian Timur dan Bali di Waru, Sidoarjo, guna memastikan pasokan BBM dan listrik menyambut Hari Raya Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 wilayah Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara dalam kondisi aman, termasuk daerah tujuan wisata seperti Labuhan Bajo. Dok. KESDM

Kemudian, terkait kondisi kelistrikan di wilayah tersebut, Jonan menyebut pasokan listrik Jatim, Bali dan Nusa Tenggara dalam kondisi aman, demand cenderung turun karena aktivitas industri libur.

"Harapan saya tidak ada pemadaman atau perawatan khususnya di Bali Labuan Bajo selama libur Natal dan Tahun Baru, kalau bisa digeser jadwalnya seminggu ke depan. Tingkatkan pasokan di tempat-tempat wisata," ungkap Jonan saat meninjau GIS (Gas Insulated Substation) 150 kV di Waru, Sidoarjo.

Sementara itu, Djoko Rahardjo Abumanan, melaporkan, prakiraan beban puncak kelistrikan Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara mengalami penurunan karena liburnya kantor dan industri.


Pasca Tsunami Selat Sunda, Posko Nataru Pastikan Sektor ESDM Terpantau Aman

"Beban puncak Jawa Bali di hari Natal dan Tahun baru sekitar 22 GW (GigaWatt)," ujarnya.

Mengamankan pasokan ketenagalistrikan, Djoko mengungkapkan bahwa PLN melayani 24 jam.

"Kami stanby tidak mengenal libur, semua personel siap mengamankan pasokan listrik Natal dan Tahun baru ini," tandas Djoko.

Amankan Stok LPG 3 Kg Pasca-Tsunami, Pertamina Siagakan 425 Pangkalan di Pandeglang

Halaman: 
Penulis : Riana