logo


Tsunami Selat Sunda, Jonan Instruksikan ERT ESDM dan PLN Segera Bantu Pemulihan

Di samping ERT, pemulihan kondisi kelistrikan juga menjadi prioritas.

24 Desember 2018 18:35 WIB

Menteri ESDM, Ignasius Jonan
Menteri ESDM, Ignasius Jonan Dok. KESDM

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan, menginstruksikan agar Emergency Response Team (ERT) Siaga Bencana ESDM dan PT PLN (Persero) segera terjun ke lokasi bencana tsunami untuk membantu pemulihan, baik evakuasi maupun kondisi ketenagalistrikan.

Sebagaimana diketahui telah terjadi tsunami di wilayah Selat Sunda, hari Sabtu (22/12) pukul 21.27 WIB. Tsunami ini tidak dipicu oleh gempa bumi.

"Saya instruksikan agar 17 Emergency Response Team (ERT) Siaga Bencana ESDM, termasuk tim medis segera disebar ke lokasi-lokasi yang membutuhkan. Alat berat yang diperlukan serta penggunaannya berkoordinasi dengan BNPB dan Basarnas," tegas Jonan, Senin (24/12).


BMKG Ungkap Penyebab Terjadinya Tsunami Selat Sunda

Di samping ERT, pemulihan kondisi kelistrikan juga menjadi prioritas. Sambil menunggu kondisi kelistrikan pulih, Jonan juga menginstruksikan agar Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) dibagikan di wilayah terdampak bencana.

"Tim PT PLN segera pulihkan kondisi ketenagalistrikan, termasuk Provinsi Lampung serta pulau-pulau terpencil, juga bekerjasama dengan Ditjen EBTKE untuk pendistribusian Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) dan Ditjen Ketenagalistrikan. Sementara Badan Geologi terus suplai data dan informasi tentang vulkanologi ke BMKG dan instansi Pemerintah terkait," jelas Jonan.

Terkait Tsunami Selat Sunda, DPR: yang Bertanggung Jawab Menteri Keuangan

Halaman: 
Penulis : Riana