logo


Terkait Tsunami Selat Sunda, DPR: yang Bertanggung Jawab Menteri Keuangan

"Yang bertanggung jawab dalam hal ini pemerintah (Menteri Keuangan)"

24 Desember 2018 15:29 WIB

Tsunami Selat Sunda
Tsunami Selat Sunda

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Anggota Komisi V DPR RI, Bambang Haryo Soekartono mengatakan Menteri Keuangan, Sri Mulyani harus bertanggung jawab atas terjadinya tsunami di Selat Sunda. Pasalnya, anggaran BKMG dalam APBN 2018 dipotong.

Hal ini mengakibatkan alat pendeteksi dini tsunami tidak ada. Yang ada hanya alat mendeteksi tsunami yang disebabkan gempa.

Baca Juga: Jarang Terekam Kamera, Inilah Sosok Suami Puan Maharani


Jokowi Perintahkan Mensos Cepat Beri Santunan Korban Tsunami

Majelis Syuro PBB Merapat ke Prabowo, Politisi PBB: Yusril Hanya Sebatas Urusan Kerja dengan Paslon 01

"Yang bertanggung jawab dalam hal ini pemerintah (Menteri Keuangan) yang memotong anggaran yang sebenarnya dalam hal ini hak publik untuk mendapatkan perlindungan," ujar Bambang yang Jitunews kutip dari teropongsenayan (24/12).

Menurutnya, tidak dipotong pun anggaran BMKG saat ini tidak memadai dengan tugas dan tanggung jawab kedua lembaga tersebut.

Hal ini dikarenakan fungsi BMKG sangat penting untuk mendukung kegiatan ekonomi dengan menyajikan informasi cuaca yang dibutuhkan oleh sektor pertanian, perikanan, transportasi, dan pariwisata.

Beberkan Fakta Kemiskinan Indonesia Setingkat dengan Afrika, Prabowo Tak Ingin Dibilang Penghasut

Muncul Retakan Tanah, Benua Ini Teranccam Terbelah Dua

Bambang juga mengkritik pemerintah yang hanya royal terhadap anggaran proyek infrastruktur. "Tetapi untuk menjaga nyawa publiki kok pelit. Padahal, satu nyawa publik sekalipun tidak bisa dihargai dengan Rp2.000 triliun anggaran infrastruktur," lanjuntya.

Untuk informasi, kebutuhan anggaran BMKG pada 2018 mencapai Rp2,6 triliun, tetapi hanya disetujui Rp1,7 triliun. Tahun 2019, BMKG mengajukan anggaran Rp2,9 triliun, tapi pemerintah alokasikan Rp1,7 triliun.

BMKG Ungkap Penyebab Terjadinya Tsunami Selat Sunda

Halaman: 
Penulis : Nugroho Meidinata