logo


Dengan OTS, Pertamina Optimalkan Produksi Kilang Polypropylene Plaju

Dengan OTS Petrokimia, Pertamina RU III terus berupaya untuk meningkatkan produksi dan kualitas bijih plastik

21 Desember 2018 08:48 WIB

Direktur Pengolahan PT Pertamina (Persero), Budi Santoso Syarif (kiri), meninjau operator training simulator (OTS) kilang polypropylene di Pertamina RU III Plaju, Palembang, Kamis (20/12).
Direktur Pengolahan PT Pertamina (Persero), Budi Santoso Syarif (kiri), meninjau operator training simulator (OTS) kilang polypropylene di Pertamina RU III Plaju, Palembang, Kamis (20/12). Bisnis

PALEMBANG, JITUNEWS.COM - Memasuki pergantian tahun bersamaan HUT Ke-61 PT Pertamina (Persero) Refinery Unit III terus melakukan inovasi.

Selaras visi Pertamina menjadi World Class National Energy Company, berbagai upaya improvement dilakukan secara menyeluruh, baik dari segi human capital readiness serta didukung dengan sistem proses bisnis yang mumpuni dengan teknologi terkini.

Menunjang hal itu, Pertamina RU III meresmikan Operator Training Simulator (OTS) Polypropylene yang dihadiri Direktur Pengolahan Pertamina, Budi Santoso Syarif di Gedung Polytam Plaju, Kamis (20/12).


Akhir Tahun, Pertamina Gelar Khitanan Massal 3.000 Anak

"Melalui OTS ini, operator diharapkan semakin menguasai konfigurasi serta fungsi dan cara kerja peralatan utama seperti pompa, compressor, kolom distilasi, reaktor sehingga memahami dampaknya terhadap spesifikasi dan optimasi feed & product dalam operasi kilang termasuk trouble shooting. Terkait aspek Health, Safety, Security, and Environment (HSSE) tentunya operator jug diharapkan lebih peduli dengan safeguarding system unit process juga pengendalian control unit process," papar Budi.

Peresmian OTS merupakan salah satu terobosan oleh Pertamina RU III untuk mempercepat peningkatan kompetensi para pekerja serta sebagai sarana improvement process sebelum diaplikasikan di Kilang Petrokimia.

OTS merupakan perangkat simulator yang mensimulasikan seluruh kegiatan operasional kilang baik dari dalam Distributed Control System (DCS) maupun langsung dari lapangan.

OTS ini juga menjadi sarana untuk para pekerja muda, milenials yang berusia dibawah 32 tahun untuk mempelajari dan menguasai teknik mengoperasikan kilang secara lebih efisien dan efektif.

Hal tersebut dicapai dengan cara melakukan berbagai simulasi dan penugasan di OTS yang di monitor dan di latih oleh pekerja senior.

"Regenerasi karenanya menjadi sangat penting. Harapannya kepada pekerja junior agar terus belajar, secara sistematis melalui OTS ini, dan secara langsung juga kepada pekerja senior melalui pengalaman mereka, tujuannya satu, mereka harus menjadi operator yang lebih baik dari sebelumnya," pungkas Budi.

EOR, Jurus Jitu PEP Dongkrak Produksi Minyak Lapangan Tanjung

Halaman: 
Penulis : Riana