logo


Waduh, Ternyata Isi Pesan Facebook Kita Bisa Diakses Oleh Orang Lain!

Facebook mengakui pihaknya memungkinkan perusahaan teknologi besar lainnya untuk membaca pesan pribadi pengguna.

20 Desember 2018 23:14 WIB

Facebook Messenger
Facebook Messenger Internet

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Facebook mengakui pihaknya memungkinkan perusahaan teknologi besar lainnya untuk membaca pesan pribadi pengguna. Namun Facebook bersikeras hal tersebut dilakukan atas izin pengguna, dan menyangkal jika praktik itu dilakukan tanpa persetujuan.

Tanggapan ini mencuat setelah penyelidikan New York Times menemukan Facebook memberikan kuasa kepada perusahaan termasuk Netflix, Spotify dan Royal Bank Canada, untuk membaca, menulis dan menghapus pesan pribadi pengguna. Penyelidikan itu dilengkapi dengan ratusan dokumen internal Facebook serta wawancara dengan lebih dari 50 mantan karyawan perusahaan.

Dilansir CNBC melalui Tek.id (20/12), laporan itu juga menyebut browser Microsoft Bing diizinkan melihat nama-nama hampir semua teman pengguna Facebook, tanpa melalui persetujuan.


Akhirnya OPPO R17 Pro Akan Dipasarkan di Indonesia

Facebook berkata, kemungkinan perusahaan yang menjadi mitranya seperti Spotify untuk mengakses pesan pribadi pengguna, adalah setelah pengguna masuk ke Facebook melalui aplikasi mitra. Namun Spotify dan Netflix justru mengaku tak menyadari kekuatan yang diberikan Facebook tersebut.

Akibat laporan ini, saham Facebook meluncur lebih dari dua persen pada Rabu pagi waktu Amerika Serikat (AS), karena sebagian besar saham perusahaan teknologi lainnya menguat.

New York Times melaporkan Facebook mengizinkan Amazon untuk mendapatkan nama pengguna dan informasi kontaknya melalui teman-teman mereka. Yahoo sendiri memiliki kemungkinan melihat posting-an teman-teman pengguna. Hal ini menunjukkan bahwa data pribadi yang dibagikan Facebook ke perusahaan lainnya itu, melampaui apa yang diungkapkan Facebook sebelumnya.

Secara keseluruhan, pengaturan pembagian data Facebook menguntungkan lebih dari 150 perusahaan. Disisi lain kesepakatan itu pada saatnya akan membantu Facebook mendatangkan lebih banyak pengguna.

"Tidak satupun dari kemitraan atau fitur ini memberi perusahaan akses ke informasi tanpa izin pengguna," demikian keterangan Facebook dalam posting-an blog.

Sedang Diterpa Isu Tak Sedap, Facebook Malah Izinkan Spotify dan Netflix Intip Percakapan Pribadi Pengguna

Halaman: 
Penulis : Kesdik Bayu