logo


EOR, Jurus Jitu PEP Dongkrak Produksi Minyak Lapangan Tanjung

EOR merupakan metode yang dilakukan dengan cara menambahkan material atau fluida khusus yang tidak terdapat dalam reservoir minyak

20 Desember 2018 21:38 WIB

Pertamina EP
Pertamina EP ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Anak usaha PT Pertamina (Persero), PT Pertamina EP, membuat inovasi dalam meningkatkan produksi minyak. Kegiatan tersebut resmi diterapkan dengan metode perolehan minyak tahap lanjut atau Enhanced Oil recovery (EOR).

EOR merupakan metode yang dilakukan dengan cara menambahkan material atau fluida khusus yang tidak terdapat dalam reservoir minyak. Penerapan ini dilaksanakan di lapangan yang telah cukup lama diproduksikan untuk mengambil minyak yang tersisa.

Metode ini dilakukan di Lapangan Tanjung, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan.


Jonan Minta Pertamina Pasok BBM untuk Tol Trans Jawa

Beberapa teknik EOR yang banyak dikenal hingga saat ini adalah injeksi uap panas (steam flooding), injeksi kimia (chemical flooding), dan injeksi gas (gas flooding).

"Proven resources dengan tingkat kesulitan eksplorasi terendah praktis kini telah habis dieksploitasi dan menyisakan tingkat kesulitan yang lebih tinggi. Karena itu, diperlukan teknologi yang lebih canggih. Salah satunya dengan EOR yang dapat meningkatkan jumlah minyak diekstrak dari ladang minyak mencapai 30-60%, dibandingkan 20-40% dengan menggunakan primary dan secondary recovery," tutur Nanang Abdul Manaf, President Director Pertamina EP saat peresmian Tanjung Polymer Field Trial di Lapangan Tanjung, Tabalong, dalam keterangannya, Kamis (20/12).

"Kita kekurangan produksi, bukan kekurangan minyak. Minyaknya ada, tapi kita butuh teknologi untuk mengangkat minyak, salah satunya dengan EOR," terang Jafee Arizon Suhardin, Deputi Perencanaan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas (SKK Migas) yang juga turut hadir dalam acara peresmian ini.

Menurut Jaffe, dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat terutama di bidang perminyakan, ditemukan salah satu metode untuk membantu meningkatkan produksi minyak. EOR merupakan teknologi yang berhubungan dengan proses di reservoar terkait dengan pengangkatan minyak yang belum bisa terangkat dengan cara pengangkatan primer dan sekunder.

"Pengangkatan primer menggunakan tekanan alamiah dari reservoar, sementara pengangkatan sekunder, menggunakan cara injeksi (air atau gas) sebagai upaya mempertahankan tekanan reservoar yang turun secara alamiah," kata dia.

Akhir Tahun, Pertamina Gelar Khitanan Massal 3.000 Anak

Halaman: 
Penulis : Riana