logo


Lintasi Tol Jakarta-Surabaya, Berapa BBM yang Dibutuhkan?

Tol Jakarta-Surabaya akan ditempuh dengan jarak 741 kilometer

20 Desember 2018 15:14 WIB

Ilustrasi proyek pembangunan jalan tol.
Ilustrasi proyek pembangunan jalan tol. infotol.org

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pemerintah telah resmi membuka akes jalan tol yang menghubungkan Jakarta-Surabaya sejauh 741 kilometer. Selain biaya tol, kamu pengendara mobil juga harus memperhatikan biaya yang dikeluarkan untuk membeli BBM guna melintasi tol ini.

Jika menggunakan perjalanan menggunakan mobil jenis multipurpose vehicel yang memiliki kapasitas mesin rata-rata 1,5 liter, dan pabrikan klaim konsumsi bahan bakar mencapai 12-15 kilometer per liter.

Baca Juga: Ditanya Enak Mana, SBY atau Jokowi, Jusuf Kalla Jawab "Saya Ingin Sekali Lagi..."


Libur Natal dan Tahun Baru, Pertamina Bentuk Satgas Amankan Stok BBM dan LPG

Peternak Ayam Blitar: Terima Kasih Pak Sandi, Kebijakan Bapak Banyak Membantu Kami

Nah, untuk melakukan perjalanan dari Jakarta hingga Surabaya dengan jarak tempuh 741 kilometer dibutuhkan bahan bakar sekitar 61 liter. Dengan jumlah konsumsi bahan bakar tersebut, maka pengemudi harus melakukan dua kali pengisian bahan bakar, seperti yang Jitunews kutip dari okezone.com (20/12).

Pengisian dua kali tersebut dihitunng menggunakan mobil jenis Toyota Avanza yang memiliki kapasitas tangki bahan bakar 45 liter. Jika mobil menggunakan bahan bakar ron 90 jenis pertaliter maka dibutuhkan biaya Rp475.800 (satu liter=Rp7.800).

Tetapi, perlu diingat hal tersebut tidak dalam kondisi macet. Kapasitas penumpang dan barang bawaan tentu akan berdampak pada konsumsi bahan bakar yang lebih tinggi.

Pertamina Jateng dan DIY Tambah Stok BBM 11% Jelang Nataru 2019

Halaman: 
Penulis : Nugroho Meidinata
 
×
×