logo


Inilah Waktu Paling Tepat Untuk Menimbang Berat Badan

Sudah tau kapan waktunya?

19 Desember 2018 17:16 WIB

Ilustrasi.
Ilustrasi. net

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menimbang berat badan perlu diperhatikan agar tetap ideal seperti yang diharapkan. Kamu bisa menghindari obesitas yang mampu memicu penyakit kronis seperti darah tinggi, kolesterol, diabetes atau hepatitis.

" Menimbang berat badan sebaiknya dilakukan seminggu sekali di pagi hari," ujar dokter Raissa Edwina, seorang spesialis Gizi, dikutip dari dream.co.id.

Raissa menjelaskan waktu ideal menimbang berat badan adalah setelah bangun tidur dan buang air kecil. Kamu juga harus memastikan pakaian yang dipakai saat ini cukup ringan.


Inilah Bentuk Tubuh Wanita yang Paling Disukai Pria!

Jangan menimbang berat badan setelah minum air, apalagi di siang dan malam hari ketika perut sudah terisi.

" Harus buang air kecil dulu. Kandung kemih yang penuh bisa menambah berat badan sampai 1,5 kilogram. Dan harus di pagi hari karena berat badan lebih stabil," katanya.

Jika sedang melakukan program diet, penting mengetahui detail bobot tubuh. Mulai dari massa otot, lemak dan air. Bisa saja beratnya tetap sama setelah berolahraga akibat massa lemaknya berkurang dan massa ototnya meningkat.

"Ada timbangannya sendiri. Biasanya, ada di tempat gym. Tapi, kalau mau manual adalah mengukur lingkar pinggang. Maksimal pinggang perempuan 80 sentimeter, sedangkan laki-laki di atas 90 sentimeter," jelasnya.

Selain frekuensi pengukuran berat badan, berolahraga terlalu sering juga tidak baik bagi tubuh. Pilih jenis olahraga yang sesuai dengan kemampuan dan frekuensinya tidak berlebihan.

Normalnya, olahraga dilakukan minimal 150 menit dalam seminggu dan tetap memperhatikan kondisi tubuh. Jika terlalu lelah, sebaiknya dilakukan lain waktu.

Kebiasaan Ini Terbukti Membuat Awet Muda, Kenapa Kamu Tidak Melakukannya?

Halaman: 
Penulis : Kesdik Bayu