logo


Ini Alasan Kenapa Valentine Identik dengan Cokelat

Valentine pertama kali dirayakan pada sekitar tahun 1840-an

12 Februari 2015 15:09 WIB

Cokelat valentine
Cokelat valentine

JITUNEWS.COM - Valentine adalah hari yang identik dengan berbagai hadiah sebagai ungkapan kasih sayang. Banyak pasangan merayakan valentine dengan saling bertukar bingkisan. Cokelat adalah salah satu jenis hadiah yang paling banyak diberi saat valentine.

Valentine memang sangat kental hubungannya dengan cokelat. Menjelang hari yang jatuh di tanggal 14 Ferbuari tersebut, aneka jenis cokelat dengan beragam variasi cantik dan romantis akan sangat banyak ditemui di berbagai tempat. Lalu, mengapa valentine bisa menjadi erat dan identik dengan cokelat?

Ada banyak versi yang dapat menjawab pertanyaan tersebut. Mulai dari versi yang berkaitan dengan sejarah, kesehatan, hingga sekedar untuk kesenangan. Beberapa pakar dan pengusaha cokelat di seluruh dunia pun banyak yang turut memberikan komentarnya masing-masing.


4 Alasan yang Membuat Pria 'Alergi' Diajak Menikah

Valentine pertama kali dirayakan pada sekitar tahun 1840-an. Kalangan bangsawan inggris era Victoria adalah yang pertama mencetuskannya. Hal itu mereka lakukan sebagai kelanjutan dari perayaan hari kasih sayang yang pernah dirayakan pada tahun 1382 oleh seorang pemuka agama bernama Valentine. Pada saat itu, terdapat tradisi untuk saling memberikan hadiah yang dilakukan kalangan prajurit pada kekasih dan istrinya sebagai lambang kasih sayang.

Kehadiran cokelat sebagai ikon valentine berdasarkan sejarahnya berawal dari keterlibatan Richard Cadbury, seorang pemilik usaha cokelat asal Inggris yang memproduksi dan menjual cokelat dengan aneka bentuk dan kemasan. Keunikan cokelat produksi Cadbury tersebut kemudian dijadikan bingkisan oleh banyak bangsawan Inggris saat itu saat hari valentine. Sejak saat itu, banyak masyarakat yang mengikuti, hingga akhirnya valentine sangat identik dengan aneka ragam cokelat.

Sementara seorang Professor Psikologi dari Montclair State University New Jersey, AS mengatakan bahwa cokelat memiliki daya tarik psikologis tersendiri hingga membuatnya sangat digemari.

Cokelat banyak dibicarakan memiliki kandungan gizi yang bermanfaat bagi tubuh. Salah satu kandungan yang dimiliki cokelat adalah theobromine, stimulan lembut yang berfungsi meningkatkan aliran darah serta meningkatkan serotonin, hormon yang memengaruhi perasaan bahagia seseorang. Namun, beberapa kalangan ahli masih banyak yang meragukan kepastian cokelat dalam menciptakan perasaan relaks dan mengurangi stres.

Terlepas dari hal itu semua, cokelat memang jenis makanan lezat yang digemari oleh hampir semua orang. Rasanya yang manis serta aneka kreasi bentuknya yang cantik membuatnya sangat cocok dijadikan sebagai media penyampai ungkapan cinta dan kasih sayang. Meksi begitu, rasa sayang terbaik tidak selalu harus disampaikan lewat bingkisan dan hari tertentu saja. Sampaikanlah rasa sayang Anda setiap hari dengan berbagai cara yang biasa hingga tidak biasa. Karena kehadiran orang-orang yang Anda sayangi adalah hal terpenting untukkebahagiaan di kehidupan.

Ini Dia Alasan Ilmiah Mengapa Pria Suka Tebar Pesona Ke Lawan Jenis

Halaman: 
Penulis : Hasballah