logo


Sektor Minerba Setor Rp 46,6 Triliun ke Kantong Negara

KESDM sendiri memasang target perolehan PNBP dari sektor minerba di atas Rp 47 triliun

18 Desember 2018 19:50 WIB

Ilustrasi pekerja tambang
Ilustrasi pekerja tambang JITUNEWS/Bobby

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Direktur Penerimaan Minerba Kementerian ESDM, Jonson Pakpahan, mengungkapkan, hingga minggu kedua Desember, perolehan Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) dari sektor mineral dan batubara (minerba) sebesar‎ Rp 46,6 triliun.

Ia pun mengatakan, PNBP ini melampaui target yang sudah dicanangkan dalam Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2018, yakni sebesar Rp 32,1 triliun.

"Sampai minggu kedua kemarin kita Rp 46,6 triliun," beber Jonson, dikutip dari liputan6.com, Selasa (18/12).


Tingkatkan Pelayanan, Pertamina Digitalkan 63 SPBU

Jonson mengungkapkan, KESDM sendiri memasang target perolehan PNBP dari sektor minerba di atas Rp 47 triliun. Namun, target tersebut sulit tercapai, karena harga komoditas mineral dan batubara yang turun.

"Kami mau inginkan target diatas Rp 47 triliun, kemudian menjadi awal Rp 48 triliun. Sekarang Rp 46,6 triliun, tapi agak susah juga, jadi Rp 47 triliun,” ungkap Johnson.

Selain karena faktor harga komoditas, terutama batubara karena masih dikisaran US$100 per ton yang masih tinggi, sambung Jonson, realisasi penerimaan PNBP yang besar juga karena tingkat kepatuhan perusahaan yang baik.

“Harga bagus, tapi sekarang ini kan harga (batu bara) turun itu sebenarnya kepatuhan perusahaan sudah semakin banyak. Penjagaan kami sudah semakin efektif. Itu sih, kami tidak melayani perusahaan kalau misalnya mereka jual kalau tidak membayar (PNBP),” pungkas Johnson.

 

Jurus Jitu PEP Asset 3 Dongkrak Produksi Minyak

Halaman: 
Penulis : Riana