logo


Sudah Menjadi Kebiasaan, Pegang Ponsel dan Gadget Pada Waktu Ini Justru Berbahaya

Bermain ponsel dan gadget terlalu lama bisa berpengaruh terhadap kesehatan dan ada kalanya kamu harus meninggalkan gadget

17 Desember 2018 21:17 WIB

Smartphone menggunakan layar sentuh
Smartphone menggunakan layar sentuh okezone

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Penggunaan ponsel dan gadget sudah menjadi kebiasaan di kehidupan sehari-hari dan bahkan kita tidak bisa lepas dari benda tersebut.

Tapi tahukah kamu, jika bermain ponsel dan gadget terlalu lama bisa berpengaruh terhadap kesehatan dan ada kalanya kamu harus meninggalkan gadget. Nah, berikut waktu-waktu terlarang untuk memegan ponsel maupun gadget, seperti yang Jitunews lansir dari faktualnews.co (6/12).

Baca Juga:   Terlalu Sering Menggunakan Standar Samping Motor? Ini Salah Satu Efek Sampingnya


Tanpa Aplikasi, Begini Cara Hemat Kuota Saat Main Instagram!

Dari Cara 'Ceria' Hiingga Menyerang Mampu Membuat Elektabilitas Prabowo-Sandi Terus Meningkat

1. Setelah berada di depan layar lebih dari 3 jam tanpa jeda

Jika memang pekerjaan kamu mengharuskan untuk di depan laptop maupun smartphone, ada baiknya kamu sesekali mengalihkan pandangan.

Sebab, hal ini bisa menyebabkan menderita Computer Vision Syndrome, seperti mata tegang, mata lelah, iritasi, mata merah, dan pandangan mengabur. Kamu harus memiliki jeda setidaknya 2-3 jam menatap layar gadget non stop. Alihkan mata kamu selama 15-30 menit dan jangan menggunakan gadget sama sekali dalam 15 menit tersebut.

2. Saat akan tidur

Suatu studi terbaru menunjukkan bahwa paparan cahaya putih-biru dari ponsel maupunn gadget bisa menginterupsi otak dalam produksi hormon melatonin yang dibutuhkan tubuh untuk mengatur waktu tidur.

Sandiaga ke Karyawan Pabrik: Siapa yang Punya Utang? 2019 Semua Utang Terbayar

Hal ini berarti, kamu akan lebih susah tidur dan berakhir dengan begadang. Jika hal ini berlanjut, kemungkinan besar jam alami tubuh akan terganggu. Karenanya, jangan gunakan smartphone maupun gadget ssetidaknya satu jam sebelum kamu tidur. Hal ini bisa membuat tidur lebih cepat dan jauh lebih nyenyak.

Punya Storage 1 TB, Ini Bocoran Harga Samsung Galaxy S10 Series

Halaman: 
Penulis : Nugroho Meidinata