logo


KESDM Bagikan 601 Unit Lampu Tenaga Surya untuk Warga Boven Digoel

Pemasangan LTSHE di Kabupaten Boven Digoel tahun 2018 dialokasikan sebanyak 601 unit yang tersebar di 7 Distrik

17 Desember 2018 09:34 WIB

601 Unit LTSHE Dibagikan untuk Warga Boven Digoel
601 Unit LTSHE Dibagikan untuk Warga Boven Digoel Dok. KESDM

BOVEN DIGOEL, JITUNEWS.COM - Dalam rangka memberikan akses penerangan di daerah 3T (terdepan, terluar dan tertinggal), Pemerintah dalam hal ini Kementerian ESDM, kembali membagikan bantuan Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) sebanyak 601 unit bagi warga Kabupaten Boven Digoel, Provinsi Papua.

Hadirnya lampu surya di Kabupaten Boven Digoel Papua diharapkan tidak hanya menerangi pedesaan yang sebelumnya belum dapat menikmati akses listrik, namun juga dapat mendorong roda perekonomian bagi penduduk setempat.

"Kami sangat bahagia program LTSHE ini memberikan manfaat untuk masyarakat Boven Digoel, ini adalah wujud upaya atau perhatian Pemerintah untuk membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah dan desa dalam kerangka kesatuan," ungkap Direktur Konservasi Energi, Haryanto yang secara simbolis menyerahkan unit LTSHE kepada perwakilan Pemerintah Kabupaten Boven Digoel, Rufus Burok.


Rasio Elektrifikasi 99,9% Tahun 2019, Jonan: Seluruh Anak Bangsa Harus Rasakan Penerangan

Pemasangan LTSHE di Kabupaten Boven Digoel tahun 2018 dialokasikan sebanyak 601 unit yang tersebar di 7 Distrik, yaitu Distrik Kia, Sesnuk, Firiwage, Manggelum, Kawagit, Kombay dan Ambatkwi.

"Semua lampu sudah terpasang, dan mohon dipelihara dan dijaga, semoga dapat mendukung dan menjadi motivasi kepada masyarakat untuk menumbuhkan roda perekonomian, sehingga kegiatan ekonomi masyarakat Boven Digoel berjalan baik dan meningkat," ujar Haryanto.

Lanjutnya, Program LTSHE merupakan program nyata Pemerintah untuk mendorong rasio elektrifikasi di daerah yang belum terjangkau aliran listrik dari PLN.

Sebagai informasi, program LTSHE ini telah dimulai pada tahun 2017, dan telah dilaksanakan di 5 Provinsi (Maluku, NTB, Riau, Papua dan Papua Barat), dengan capaian jumlah unit LTSHE yang terpasang sekitar 79.556 unit, tersebar di 1.208 Desa. Pada tahun 2018, program LTSHE akan dilaksanakan di 16 Provinsi, dengan jumlah unit LTSHE sekitar 173.208 unit, dengan jumlah anggaran sebesar 600 Miliar.

Sampai dengan saat ini LTSHE yang sudah terpasang sebanyak 167.215 unit atau sekitar 97%. Pada tahun 2019, program LTSHE direncanakan akan dipasang sebanyak 98.481 unit di 27 Provinsi.

Program ‘Air Bersih Siap Minum’ KESDM Jangkau 22 Ribu Pengungsi di Sulteng

Halaman: 
Penulis : Riana