logo


Resmi Dibuka, Ayo Nikmati Wahana Seru di Saloka Theme Park

Taman rekreasi dan wisata keluarga terbaru, terbesar, dan pertama di Jawa Tengah, Saloka theme park, dibuka perdana untuk umum pada tanggal 15 Desember 2018

16 Desember 2018 14:43 WIB

inilah Saloka Theme Park di Jalan Fatmawati Nomor 154, Lopait, Tuntang, Taman rekreasi dan wisata keluarga yang diklaim terbesar di Jateng
inilah Saloka Theme Park di Jalan Fatmawati Nomor 154, Lopait, Tuntang, Taman rekreasi dan wisata keluarga yang diklaim terbesar di Jateng
dibaca 3322 x

Setelah sekian lama ditunggu masyarakat sekitar Kabupaten Semarang, Salatiga, Solo dan sekitarnya. Taman rekreasi dan wisata keluarga terbaru, terbesar, dan pertama di Jawa Tengah, Saloka theme park, dibuka perdana untuk umum pada tanggal 15 Desember 2018 pukul 13.00 WIB.

Sebelum dibuka untuk umum, diselenggarakan acara syukuran dan peresmian dari Bupati Kabupaten Semarang, Mundjirin. Didampingi dan dihadiri oleh Walikota Salatiga, Yulianto, serta pejabat, pemuka daerah, aparat daerah, juga para pimpinan dari kalangan pengusaha, tokoh publik, mitra bisnis lainnya.

Acara syukuran yang diawali dengan pagelaran sendratari “Baru Klinthing” yang mengisahkan legenda sosok Naga yang memunculkan terjadinya Rawa Pening. Selain itu, ada penampilan kesenian drum blek khas daerah Tuntang.


Spot Riyadi Menjadi Titik Paling Asik Untuk Menikmati Megahnya Candi Prambanan dari Ketinggian

Berlokasi di Jl. Fatmawati 154, Desa Lopait, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, merupakan jalur strategis jalur lintas provinsi Semarang Salatiga, menjadikan Saloka theme park menjadi suatu destinasi taman rekreasi dan wisata keluarga yang mudah dijangkau dari segala penjuru, serta akses yang lebih mudah dengan adanya jalan tol lintas provinsi.

Saloka theme park dikelola dan di operasikan oleh PT. Panorama Indah Permai, suatu grup perusahaan yang berpengalaman industri wisata dan dibidang property, dengan didukung lebih dari 350 orang karyawan, sebagian besar tenaga-tenaga muda profesional berpengalaman dan manajemen dari tenaga-tenaga ahli yang berpengalaman di bidang industri wisata, rekreasi dan hiburan keluarga, sehingga memenuhi kebutuhan dan standar keamanan suatu taman rekreasi.

“Suatu theme park harus memberikan kenyamanan dan keamanan dalam berwisata,  kedua faktor itu menjadi tugas kami, agar berwisata menjadi pengalaman yang luar biasa," jelas CFO Saloka, Danny Agung Nugroho.

“Diharapkan Saloka bisa menjadi pembawa kegembiraan dan keceriaan bagi banyak orang dan bisa menjadi destinasi wisata terbaru di Jawa tengah sekaligus menjadi kebanggaan masyarakat Jawa Tengah," tambah CEO Saloka, David Santoso Prasetyo.

Nama Saloka sendiri terinspirasi dari legenda lokal Rawa Pening, di mana wilayah Saloka theme park berada. Dimana dituturkan cerita sosok Baru Klinthing, seekor naga yang bisa bicara, anak dari Ki Hajar dan Nyai  Salokantara, yang mengawali terjadi nya Rawa Pening.

Bahkan kini tokoh karakter Baru Klinthing menjadi maskot Saloka, sosok imajinatif bernama Loka, mempunya sifat pemberani, jujur, cerdas, kreatif dan bersahabat.

“Dengan mengangkat muatan budaya lokal, sebuah tempat akan menjadi khas trademark wilayah setempat dan diharapkan menjadi milik dari wilayah Jawa Tengah khususnya dan wilayah Indonesia umumnya,” jelas Managing Director Saloka, Teddy Darmanto.

Dengan menempati luas lahan lebih dari 18 hektar, Saloka theme park pada soft opening ini hadir dengan 18 wahana permainan dan atraksi dari tahap keseluruhan 32 wahana.

Sebanyak 18 wahana untuk beragam usia tersebut siap memberi keceriaan pengunjung, dilengkapi dengan segala fasilitas pendukung seperti, restoran, café, kiosk desserts & snack, merchandise shop, mushola, klinik dan lain-lain.

“Tentunya untuk kenyamanan pengunjung, telah kami sediakan pula lahan parkir yang bisa memuat 78 bus dan 600 kendaraan, dan shuttle bus yang akan membawa pengunjung dari tempat parkir ke park,” jelas Danny.

Keberadaan Saloka sengaja dirancang  untuk menjadi salah satu tempat wisata kebanggaan Jawa Tengah, dimana dengan keyakinan penuh mengangkat muatan budaya lokal Jawa Tengah sebagai bagian dari isi Saloka sendiri, seperti terlihat dari nama tempat, nama wahana dan fasilitas yang tersedia, sengaja menggunakan nama-nama kreatif yang terinspirasi dari bahasa Jawa.

Pengunjung akan menikmati wahana seru menguji adrenalin seperti Bengok-bengok, Paku bumi, Lika-liku, Adu Nyali atau menikmati pemandangan indah Rawa Pening dan gunung dari ketinggian wahanaCakrawala, menikmati air mancur menari Jejogedan di kawasan Arena Jenju.

Atau gembira bersama anak-anak dan keluarga di kawasan Kama Yayi, bermain di wahana Polah Bocah, Tata-Titi, Obat-abit, gonjang-ganjing dan banyak lagi. Tak kalah menarik, pengunjung dapat menggali pengetahuan dalam wahana Lumbung Ilmu Galileo yang berada di kawasan area masuk Saloka.

Ditulis oleh: Ign Widyo

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

Tak Hanya di Pekalongan, Suara Misterius Juga Terdengar di Semarang

Halaman: 
Admin : Aurora Denata