logo


Rasio Elektrifikasi 99,9% Tahun 2019, Jonan: Seluruh Anak Bangsa Harus Rasakan Penerangan

Saat ini rasio elektrifikasi mencapai 98,1%

14 Desember 2018 20:55 WIB

Menteri ESDM, Ignasius Jonan
Menteri ESDM, Ignasius Jonan Dok. Humas Kementerian ESDM

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Subsidi pemasangan sambungan listrik merupakan upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan rasio elektrifikasi nasional. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan, mengungkapkan bahwa target rasio elektrifikasi 99,9% di tahun 2019 bertujuan agar jangan sampai ada masyarakat Indonesia yang belum menikmati listrik pasca 74 tahun Indonesia merdeka.

"Kita usahakan sampai 2019 tidak ada anak bangsa yang tidak menikmati penerangan, masa 74 tahun merdeka ada yang tidak menikmati penerangan," tegas Jonan, di Jakarta, Jumat (14/12).

Jonan mengungkapkan bahwa saat ini rasio elektrifikasi mencapai 98,1% sudah melebihi target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2019 sebesar 97,5%.


Di Penguhujung Tahun, Lifting Migas 2018 Gagal Capai Target

Namun, masih ada sekitar 2% atau lebih dari 5 juta masyarakat yang belum menikmati penerangan. Tantangan untuk menuju rasio elektrifikasi 99,9% juga tidaklah mudah, diperlukan kesungguhan untuk mencapai target tersebut, mengingat wilayah yang harus dilistriki berada di wilayah yang terpencil dan sulit dijangkau.

"Cara untuk mencapainya, terutama untuk menjangkau tempat-tempat terpencil adalah dengan kerja sungguh-sungguh. Tantangannya besar. Salah satu tantangan terbesarnya adalah kapasitas tenaga kerja, karena ini banyak sekali, sehingga tantangan tenaga kerjanya juga besar," terangnya.

Tantangan berikutnya adalah pendanaan. Untuk pendanaan, Menteri Jonan telah mengusulkan kepada DPR agar PT PLN (Persero) memperoleh Penyertaan Modal Negara (PMN) untuk melakukan penyambungan gratis ke rumah tangga tidak mampu.

Penuhi Kebutuhan Air Bersih, Jonan Resmikan Sumur Bor di Ponpes Bogor

Halaman: 
Penulis : Riana