logo


KKP: Budidaya Udang Masih Sangat Potensial

Dalam hal ini KKP telah menyiapkan regulasi bagaimana pengelolaan budidaya udang ini dilakukan secara berkelanjutan.

14 Desember 2018 20:45 WIB

Budidaya Udang di Indonesia
Budidaya Udang di Indonesia Dok. KKP

Oleh karena itu, tambahnya, dalam hal ini KKP telah menyiapkan regulasi bagaimana pengelolaan budidaya udang ini dilakukan secara berkelanjutan. Aspek keberlanjutan menjadi keniscayaan dalam menjamin kesinambungan bisnis perudangan nasional yakni dengan memadukan pertimbangan aspek lingkungan, ekonomi, dan social dalam pendekatan pengelolaannya.

Diantaranya, KKP telah mendorong pengembangan budidaya berbasis klaster, melalui perbaikan tata letak, dan penerapan biosecurity secara ketat. Pendekatan klaster juga memungkinkan manajemen yang lebih terintegratif dalam seluruh tahapan proses produksi, mempermudah dalam management usaha, meningkatkan efisiensi usaha, serta mengurangi dampak penyakit.

Disamping itu, KKP juga mendorong pengembangan budidaya udang berbasis ekosistem (Ecosystem Approach for Aquaculture). Pendekatan ini penting untuk memastikan bahwa pengelolaan budidaya udang tidak hanya menghasilkan produktivitas optimum, namun tetap menjamin kualitas lingkungan, fungsi dan layanan ekosistem.


Ekspor Perikanan Naik 10%, Udang Masih Jadi Primadona

“Saya ingin menekankan pentingnya melakukan penilaian dampak lingkungan sebagai bagian dari upaya antisipasi dini (early warning) yakni melalui pemenuhan analisis dampak lingkungan (Amdal) khususnya bagi industry udang yang memiliki dampak penting terhadap lingkungan dan semua unit usaha budidaya udang harus dipastikan memiliki unit/instalasi pengelolaan limbah (IPAL) yang efektif,” tambahnya.

“Salah satu percontohan kawasan yang telah menerapkan konsep tersebut seperti di Mamuju Utara” rujuk Slamet.

Pembudidaya Ikan Kabupaten Serang Terima Kartu dan Polis Asuransi

Halaman: 
Penulis : Riana