logo


Kamu 'Tertipu', Ternyata Sosok Frankenstein yang Sebenarnya Adalah ...

Sejarah 'Frankenstein'.

12 Desember 2018 01:41 WIB

Ilustrasi Fankenstein
Ilustrasi Fankenstein Harvard Gazette - Harvard University

Secara garis besar, novel Frankenstein berkisah mengenai Victor Frankenstein, seorang ilmuwan Swiss yang lahir di Jenewa dan dibesarkan orang tuanya untuk memahami dunia lewat ilmu pengetahuan. Akibat kematian ibunya karena demam berdarah, Victor (yang telah menguasai berbagai ilmu pengetahuan, terutama di bidang kimia) berusaha mengembangkan sebuah teknik rahasia untuk memberikan kehidupan pada benda tak hidup.

Dalam usahanya tersebut, Victor kesulitan untuk meniru unsur penyusun tubuh manusia yang teramat kecil dan rumit. Oleh karena itu, ia membuat suatu makhluk yang berukuran besar, setinggi dua setengah meter.

Baca juga: Ternyata Cara Menghilangkan Bau Sepatu Gampang Banget!


Pria Ini Disambar Petir 3 Kali dalam Hidupnya, Setelah Meninggal, Batu Nisannya Ikut Tersambar!

Alih-alih menciptakan manusia, Victor ternyata telah berhasil memberi kehidupan pada monster yang mengerikan. Jijik dan ketakutan pada makhluk ciptaannya tersebut, Victor kemudian kabur meninggalkan rumahnya. Menyadari penolakan dari penciptanya, makhluk itu kemudian lari menghilang entah ke mana..

Kisah di atas memang berbeda dengan apa yang diketahui publik yang menganggap Frankenstein sebagai monster dari serpihan tubuh manusia yang dihidupkan dengan bantuan petir.

Dalam novel aslinya, proses pemberian kehidupan sang monster tidak dijelaskan secara rinci, tidak ada penjelasan mengenai proses penggabungan organ tubuh manusia ataupun penggunaan petir. Sebagian besar kisah yang beredar saat ini berasal dari film adaptasi berjudul sama yang dirilis pada tahun 1931.

Dalam novel Frankenstein; or, The Modern Prometheus, monster tersebut tidak memiliki nama sebagai simbol dari makhluk yang tidak mempunyai orang tua, rasa kemanusiaan, dan identitas. Meski demikian, ia sering menyebut dirinya sendiri sebagai the Adam of your labours saat berbicara pada penciptanya, Victor Frankenstein.

Gak Sembarangan, Ternyata Berjanji Pakai Jari Kelingking Ada Sejarahnya!

Halaman: 
Penulis : Kesdik Bayu