logo


Banyak yang Tak Tau, Inilah Manfaat Dahsyat dari Bawang Putih

Salah satu bumbu masak yang wajib tersedia di dapur orang Indonesia adalah bawang putih. Pasalnya, bawang putih sangat dibutuhkan untuk memasak hampir di setiap jenis masakan

11 Desember 2018 16:32 WIB

Ilustrasi - internet
Ilustrasi - internet

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Salah satu bumbu masak yang wajib tersedia di dapur orang Indonesia adalah bawang putih. Pasalnya, bawang putih sangat dibutuhkan untuk memasak hampir di setiap jenis masakan. Rasanya yang kuat tentu akan ampuh menambah cita rasa hidangan yang disajikan.

Selain ampuh sebagai bumbu masak, bawang putih ternyata juga ampuh untuk menangkal beberapa jenis penyakit. Apa saja manfaat bawang putih untuk kesehatan? Berikut manfaatnya dilansir dari laman Hello Sehat (11/12).

1. Menurunkan kadar kolesterol

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Postgraduate Medicine, mengonsumsi setidaknya 10 gram bawang putih mentah setiap hari selama dua bulan berhasil membantu menurunkan kadar kolesterol yang cukup banyak.


Tak Hanya Cewek, Cowok Juga Alami Fase Menstruasi Tiap Bulan

Sementara itu, penelitian lain yang dilakukan oleh para pakar di Rafsanjan University of Medical Sciences juga menguak manfaat bawang putih yang mampu meningkatkan kadar kolesterol baik sekaligus menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh apabila dikonsumsi dalam keadaan mentah.

Untuk mendapatkan kesimpulan itu, peserta penelitian yang diterbitkan dalam Pakistan Journal of Pharmaceutical Sciences ini diminta untuk mengonsumsi 10 gram bawang putih mentah selama 42 hari.

2. Mengendalikan tekanan darah

Kandungan polisulfida pada manfaat bawang putih terbukti mampu mengendalikan tekanan darah bagi penderita hipertensi. Menurut sebuah jurnal ilmiah Maturitas, polisulfida akan membantu melebarkan dan membuka pembuluh darah supaya tidak mendapat tekanan yang terlalu besar. Tak heran jika makan bawang putih rutin selama tiga bulan ternyata bisa menurunkan tekanan darah hingga 10 mmHg.

3. Menjaga kesehatan otak

Berbagai gangguan yang menyerang otak seperti penyakit Alzheimer dan demensia rupanya bisa dicegah dengan makan bawang putih. Penelitian terbaru dalam Journal of Neurochemistry membuktikan bahwa kandungan S-allyl-L-cysteine (SAC) dan antioksidan yang terdapat pada bawang putih mampu menjaga otak dari berbagai kerusakan kognitif. Unsur kimia pada bawang putih tersebut bertugas untuk mencegah penumpukan plak atau zat berbahaya pada sistem saraf pusat.

4. Mengatasi jerawat

Doris Day, M.D, seorang dokter kulit sekaligus penulis buku 100 Questions and Answers About Acne, berpendapat bahwa manfaat bawang putih untuk menghilangkan jerawat mungkin saja berhasil karena bawang putih memiliki kandungan antioksidan dan sifat antiradang.

Pernyataan tersebut disetujui pula oleh Rachelle Wood, seorang ahli gizi di Charlottetown P.E.I. Menurutnya, khasiat bawang putih memang dapat membantu melawan peradangan berkat bahan kimia alaminya yang bernama allicin. Kandungan allicin dalam bawang putih mampu membunuh banyak virus dan bakteri berbahaya dalam tubuh penyebab jerawat

Manfaat makan bawang putih mentah
Selain dimasak dan ditambahkan sebagai bumbu dalam masakan, bawang putih juga memiliki manfaat bila dimakan mentah-mentah. Mungkin cara makan bawang putih untuk kesehatan ini tidak biasa bagi Anda. Namun kadang, proses memasak dan mengolah bawang putih menyebabkan hilangnya berbagai nutrisi dan kandungan yang penting.

Itu sebabnya mengonsumsi bawang putih secara mentah layaknya makan buah dapat menjamin segala nutrisi yang penting tidak hilang. Jika Anda makan bawang putih mentah secara rutin, paling tidak dua kali seminggu, Anda bisa mendapatkan berbagai manfaat bawang putih berikut.

Tak Hanya Mengganggu Aktivitas, Bau Badan Tak Sedap Juga Menjadi Gejala Awal dari Penyakit...

Halaman: 
Penulis : Raka Kisdiyatma