logo


Serikat Tani Nasional: Reforma Agraria Jokowi Harus Didukung

Persoalan agraria di nusantara merupakan suatu keharusan yang harus diperbaiki, setelah lama tidak diperdulikan

10 Desember 2018 19:12 WIB

Diskusi Terbuka Reforma Agraria
Diskusi Terbuka Reforma Agraria ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ketua Umum Serikat Tani Nasional (STN), Ahmad Rifai, mengatakan, era kepemimpinan Joko Widodo (Jokowi) telah membangkitkan kembali reforma agraria di Indonesia.

Pasalnya, mewujudkan reforma agraria di negeri sempat seperti pangang jauh dari api, karena pada rezim orde baru (orde) yang dipimpin Soeharto, Indonesia adalah lahan subur untuk ekspansi kapitalis global, dan tontonan korporasi-korporasi asing serta capital lokal menguasai kepemilikan lahan.

Ahmad Rifai mengatakan, persoalan agraria di nusantara merupakan suatu keharusan yang harus diperbaiki, setelah lama tidak diperdulikan hingga kapitalis global menguasai.


Senator Desak Pemerintah Serius Tangani Anjloknya Harga Kopra

Dan, ditandatangani Perpres No 86 Tahun 2018 tentang Reforma Agraria pada 24 September 2018 oleh Presiden Jokowi adalah jawaban bahwa mantan Gubernur DKI Jakarta itu ingin mengembalikan agraria untuk kesejahteraan rakyat, sesuai mandat UUD dan cita-cita proklamator bangsa.

"Pak Jokowi sangat memahami apa yang namanya reforma agraria. Jadi, reforma agraria ini harus didukung sepenuhnya oleh rakyat," ujar Ahmad Rifai didalam diskusi publik bertema ‘Reforma Agraria Zaman Now’ di kawasan Jakarta Selatan, Senin (10/12).

Harga Kopra Anjlok, PKS: Pemerintah Harus Tanggung Jawab Cari Solusi

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Riana