logo


Selama Ini Kita Salah, Ini yang Harus Dilakukan Saat Memarkirkan Mobil Manual

Pada saat parkir, kendaraan sebaiknya dalam posisi masuk ke gigi, hal tersebut salah

8 Desember 2018 13:27 WIB

Mobil parkir
Mobil parkir republika

JAKARTA, JITUNEWS.COM -  Pada saat memarkirkan mobil tentunya harus diperlukan kemampuan khusus, apalagi tempat parkirnya sempit. Nah, kali ini Jitunews akan membahas tips memarkirkan mobil dengan benar khususnya pada mobil dengan transmisi manual.

Pemilik mobil manual mempunyai anggapan bahwa agar lebih aman saat diparkir, kendaraan sebaiknya dalam posisi masuk ke gigi. Padahal hal ini dapat mengunci roda sehingga kalau rem tidak bekerja, laju kendaraan dapat tertahan dengan bantuan transmisi.

Baca Juga: Wanita Hobi Selingkuh Bisa Dilihat dari Bentuk Jarinya Lho, Penasaran?


Setelah Baca Ini, Yakin Masih Mau Menggunakan Ban Tubeless

PSI: Prabowo Tak Niat Nyapres, Seperti Menjual Kucing Dalam Karung

"Saat parkir, dianjurkan masuk gigi netral, karena akan terbebas hubungan antara mesin dengan roda. Jadi tidak saling menahan," ujar Dealer Technical Support PT Toyota Astra Motor, Didi Ahadi yang Jitunews lansir dari Naviri Magazine (5/12).

Ada sangat banyak parts yang terlibat saat transmisi  masuk pada gigi 1, misalnya mulai dari roda gigi, pelat kopling, propeller shaft, dan masih banyak lainnya. Meskipun tidak seketika, lambat laun parts ini dapat rusak karena keadaan saling menahan.

Prabowo: Saya Minta Maaf Kalau Dulu Saya Kurang Baik

Didi menambahkan rem tangan sudah cukup untuk menjaga posisi kendaraan tetap dalam kondisi diam saat parkir. Dan tidak disarankan untuk posisi transmisi di gigi 1, lebih baik roda diganjal saja agar dapat menjaga komponen dalam kendaraan.

Tarif Parkir di Jakarta Diprediksi Naik Rp50 Ribu per Jam, Netizen: Sekalian Rp100 Ribu Semenit, Biar Ada Demo Berjilid-Jilid

Halaman: 
Penulis : Nugroho Meidinata