logo


Pertamina Perkuat Bisnis Gas untuk Sektor Tambang dan Horeka

Respon positif kalangan pengusaha hotel dan kafe, menjadi angin segar bagi Pertamina

7 Desember 2018 11:57 WIB

Pertagas Niaga melakukan pengecekan instalasi Meter Regulating Station (MRS).
Pertagas Niaga melakukan pengecekan instalasi Meter Regulating Station (MRS). Istimewa

Sebagai LNG small scale player pertama dan satu-satunya di Indonesia, PTGN terus melakukan penetrasi pasar hingga ke Pulau Jawa. Pada 2016 Pertamina (Persero) dan PTGN berhasil melakukan uji coba penggunaan LNG sebagai bahan bakar di power generator rangkaian gerbong kereta api milik KAI rute Bandung-Jakarta dan Bandung-Surabaya dengan hasil yang sangat baik.

Selanjutnya, pada 2017 PTGN mulai merambah industri horeka, di Hilton Hotel Bandung. Manfaat penggunaan LNG yang dirasakan oleh konsumen horeka ini tersebar melalui jaringannya sehingga banyak konsumen horeka lainnya yang berminat untuk mendapat pasokan LNG dari PTGN.

Saat ini, konsumen horeka di Bandung sudah mencapai 6 hotel yakni Hilton Hotel, Aryaduta Hotel, Fave Hotel, V Hotel, Ibis Hotel, dan Papandayan Hotel. Selain Bandung PTGN juga memasok LNG untuk jaringan hotel di Jakarta seperti Fave Hotel, SwissBell Hotel, Amaris Hotel, dan Ibis Hotel.


Subsidi Pemasangan Listrik Gratis Genjot Rasio Elektrifikasi

Kemudian, pada Oktober 2018 PTGN kembali melakukan gebrakan dengan kembali memasok LNG untuk pasar horeka ke wilayah Bali di The Patra Bali Resort & Vilas. Langkah ini dinilai sangat tepat mengingat Bali merupakan pasar horeka yang sangat besar.

Ke depannya, Basuki menyebut, PTGN akan terus berupaya mengembangkan sayap bisnis LNG skala kecil di seluruh pelosok tanah air, sehingga manfaat LNG yang merupakan produk asli dalam negeri bisa dirasakan oleh seluruh rakyat Indonesia.

Energi Berkeadilan, Menteri ESDM Implementasikan BBM 1 Harga, Konversi Minyak Tanah ke LPG dan Lampu Surya Gratis di Nias

Halaman: 
Penulis : Riana