logo


Pertamina Perkuat Bisnis Gas untuk Sektor Tambang dan Horeka

Respon positif kalangan pengusaha hotel dan kafe, menjadi angin segar bagi Pertamina

7 Desember 2018 11:57 WIB

Pertagas Niaga melakukan pengecekan instalasi Meter Regulating Station (MRS).
Pertagas Niaga melakukan pengecekan instalasi Meter Regulating Station (MRS). Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - PT Pertamina (Persero) melalui usaha afiliasinya PT Pertagas Niaga (PTGN) memasok gas alam cair atau Liquefied Natural Gas (LNG), untuk kebutuhan sektor industri, pertambangan, dan hotel-resto-kafe (horeka).

Bisnis yang dirintis sejak 2013 ini diawali dengan kesuksesan melakukan uji coba pada industri pertambangan di Indominco dan Berau Coal, sebagai altenatif bahan bakar pada alat beratnya.

Fase komersial kemudian berlanjut pada beberapa mal di Balikpapan, seperti Balcony Mall pada 2015 dan Balikpapan Super Block di 2016.


Subsidi Pemasangan Listrik Gratis Genjot Rasio Elektrifikasi

"Respon positif kalangan pengusaha hotel dan kafe, menjadi angin segar bagi kami untuk terus merambah pasar potensial lainnya. Dalam waktu dekat PTGN akan membuka pasar LNG small scale di wilayah Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, dan sebagian wilayah Indonesia bagian tengah," papar Direktur Pemasaran Korporat PT Pertamina (Persero), Basuki Trikora Putra, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (7/12).

Kesuksesan pasokan LNG di wilayah Balikpapan pun terus merambah ke daerah-daerah Kalimantan dan sekitarnya seperti RSUD AWS di Samarinda, Power plant Pertamina EP di Tanjung dan PLTG Sambera milik PLN di Samarinda, bahkan PTGN mampu memasok LNG sampai ke wilayah Ambon di Ambon City Center, Maluku.

Seluruh pasokan tersebut bersumber dari fasilitas LNG filling station di PT Badak yang dimiliki dan dikelola oleh Pertagas dan Pertagas Niaga. Selain melayani wilayah Kalimantan dan sekitarnya, PTGN bersama Pertagas juga memiliki fasilitas LNG filling station di PT Perta Arun Gas (PAG). Filling station di PAG ini melayani konsumen di daerah Sumatera Utara, Medan dan sekitarnya.

Beberapa konsumen yang telah dipasok LNG oleh PTGN melalui LNG trucking di antaranya Domas Agro Inti Prima, Energi Sejahtera Mas, Mark Dinamic, dan Mortar Utama.

Energi Berkeadilan, Menteri ESDM Implementasikan BBM 1 Harga, Konversi Minyak Tanah ke LPG dan Lampu Surya Gratis di Nias

Halaman: 
Penulis : Riana