logo


Pemerintah Gelontorkan Rp 600 Miliar Untuk Lampu Jenis...

Pemerintah sangat serius untuk menyukseskan program tersebut.

6 Desember 2018 22:07 WIB

Ignasius Jonan
Ignasius Jonan Kementerian ESDM

NIAS, JITUNEWS.COM - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan, melakukan kunjungan kerja ke Pulau Nias, Sumatera Utara, Kamis (6/12).

Selain meresmikan SPBU Penyalur BBM Satu Harga dan membagikan paket Konversi Minyak Tanah ke LPG 3 KG, Jonan juga membagikan Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE).

Jumlah unit yang akan dipasang di pulau Nias sendiri sebanyak 1.360 unit, yang tersebar di 21 Desa, di 5 Kabupaten.


Subsidi Pemasangan Listrik Gratis Genjot Rasio Elektrifikasi

“Program pemasangan LTSHE, itu jumlahnya 1.300 lebih rumah, seperti dilaporkan. Ini meningkatkan rasio elektrifikasi. Saya tanya Direktur PLN Regional Sumatera, sekarang ini rasio elektrifikasinya 51-52 persen, jadi kalau ditambah 1.300 lebih ini akan naik elektrifikasinya menjadi 64-65 persen, lumayan ini," tegas Jonan.

Total untuk tahun 2018, program LTSHE akan dilaksanakan di 16 provinsi, dengan jumlah LTSHE sebanyak 173 ribu unit dan jumlah anggaran sebesar Rp600 Miliar.

Jonan juga mengajak Pemerintah Daerah ikut aktif dalam mendukung target pemerintah pusat dalam mengejar rasio elektrifikasi 100% pada 2019, sehingga seluruh daerah terlistriki.

“Begini, ini tolong yang wakil-wakil dari kabupaten lain, juga Pak Bupati, kalau kurang tolong kirim surat, nanti kita isi lagi tahun depan, karena target pemerintah tahun depan itu rasio elektrifikasinya 100 persen. Kita coba Pak”, pungkasnya.

Energi Berkeadilan, Menteri ESDM Implementasikan BBM 1 Harga, Konversi Minyak Tanah ke LPG dan Lampu Surya Gratis di Nias

Halaman: 
Penulis : Vicky Anggriawan, De Sukmono