logo


Energi Berkeadilan, Menteri ESDM Implementasikan BBM 1 Harga, Konversi Minyak Tanah ke LPG dan Lampu Surya Gratis di Nias

Pertamina dan PLN memainkan peran penting dalam mewujudkan energi berkeadilan di Indonesia.

6 Desember 2018 21:44 WIB

Menteri ESDM, Ignasius Jonan
Menteri ESDM, Ignasius Jonan Kementerian ESDM

“Begini, ini tolong yang wakil-wakil dari kabupaten lain, juga pak bupati, kalau kurang tolong kirim surat, nanti kita isi lagi tahun depan, karena target pemerintah tahun depan itu rasio elektrifikasinya 100 persen. Kita coba pak”, tambah Jonan.

Pembagian Paket Konversi Minyak Tanah ke LPG 3 Kilogram
Untuk sektor minyak dan gas bumi, Menteri Jonan juga melakukan penyerahan paket konversi minyak tanah ke LPG 3 kg. Khusus untuk Pulau Nias dan Gunung Sitoli, dilakukan pembagian 150.318 paket, dengan rincian kabupaten Nias mendapatkan 23.656 paket, kabupaten Nias Selatan 57.304 paket, kabupaten Nias Utara 21.859 paket, kabupaten Nias Barat 20.159 paket dan kabupaten Gunung Sitoli 27.340 paket.

“Dari program tahun ini, nias dapat 30 persen program nasional. 150.000 paket dari 500.000 paket," tambah Jonan.


Dukung Perhelatan Internasional, Pertamina Kenalkan Hutan Kalimatan ke Offroader Dunia

PT. Pertamina (Persero) dan Pemerintah Daerah juga diminta untuk melakukan sosialisasi penggunaan LPG 3 kg yang aman sehingga masyarakat tidak takut akan penggunaan tabung elpiji melon tersebut.

“Tolong yang tadi 150 ribu paket konversi minyak tanah ke LPG itu bisa disosialisasikan dengan baik, karena kalau tidak, nanti program konversinya juga kurang berhasil, supaya masyarakat tidak takut, tabungnya meledak atau apa, ini memang perlu sosialisasi. Di kemudian hari, LPG mungkin akan diganti dari gas cair yang berasal dari batubara, supaya tidak terlalu banyak impor LPG," papar Jonan.

Bupati Nias Utara M. Ingati Nazara menyambut baik perhatian Kementerian ESDM di wilayahnya. Ia juga akan mengajak seluruh perangkat desa di bawahnya seperti para camat, lurah dan kepala desa untuk memberikan informasi yang jelas kepada masyarakat.

“Pemerintah Kabupaten Nias Utara tentunya sangat mendukung program konversi minyak tanah ke LPG Tabung 3 Kg. Minggu lalu Ditjen Migas telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat Kabupaten Nias Utara tentang manfaat konversi minyak tanah ke LPG. Dan pada hari ini dilakukan pembagian tabung gas LPG 3 kg secara simbolis kepada masyarakat, serta peresmian SPBU BBM 1 Harga di Kecamatan Sitolu Ori, oleh Bapak Menteri. Saya harap melalui para camat dan kepala desa, dapat menjadi sumber informasi yang terbaik bagi masyarakatnya dalam program konversi ini," tandas Ingati.

Subsidi Pemasangan Listrik Gratis Genjot Rasio Elektrifikasi

Halaman: 
Penulis : Vicky Anggriawan, De Sukmono