logo


Energi Berkeadilan, Menteri ESDM Implementasikan BBM 1 Harga, Konversi Minyak Tanah ke LPG dan Lampu Surya Gratis di Nias

Pertamina dan PLN memainkan peran penting dalam mewujudkan energi berkeadilan di Indonesia.

6 Desember 2018 21:44 WIB

Menteri ESDM, Ignasius Jonan
Menteri ESDM, Ignasius Jonan Kementerian ESDM

Khusus untuk Pulau Nias sendiri, tahun 2017 telah terbangun sebanyak 2 (dua) Penyalur BBM 1 Harga di Kecamatan Pulau Batu Kab. Nias Selatan dan Kec. Lahomi Kab. Nias Barat. Sedang pada tahun 2018, telah terbangun 4 (empat) penyalur BBM 1 harga yang tersebar di Kec. Gido Kab. Nias Induk; Kec. Bawolato Kab. Nias Induk; serta 2 penyalur yang diresmikan pada hari ini di Kec. Sitolu Ori Kab Nias Utara; dan Kec. Hibala Kab. Nias Selatan.

Untuk mengakselerasi Program BBM 1 (satu) Harga, Pemerintah telah menerbitkan Peraturan Menteri ESDM Nomor 36 tahun 2016 tentang Percepatan Pemberlakuan Satu Harga Jenis Bahan Bakar Minyak Tertentu dan Jenis Bahan Bakar Minyak Khusus Penugasan secara Nasional.

Pembagian Lampu Surya Gratis
Pada kesempatan yang sama, Menteri Jonan juga melakukan pembagian Lampu tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) bagi pedesaan yang terisolir dan sulit dijangkau oleh jaringan PLN. Jumlah unit yang akan dipasang di pulau Nias sebanyak 1.360 unit, yang tersebar di 21 Desa, di 5 Kabupaten.


Dukung Perhelatan Internasional, Pertamina Kenalkan Hutan Kalimatan ke Offroader Dunia

“Program pemasangan LTSHE, itu jumlahnya 1.300 lebih rumah, seperti dilaporkan. Ini meningkatkan rasio elektrifikasi. Saya tanya Direktur PLN Regional Sumatera, sekarang ini rasio elektrifikasinya 51-52 persen, jadi kalau ditambah 1.300 lebih ini akan naik elektrifikasinya menjadi 64-65 persen, lumayan ini," imbuh Jonan.

Total untuk tahun 2018, program LTSHE akan dilaksanakan di 16 Provinsi, dengan jumlah LTSHE sebanyak 173 ribu unit dan jumlah anggaran sebesar Rp600 Miliar.

Menteri Jonan juga mengajak Pemerintah Daerah ikut aktif dalam mendukung target pemerintah pusat dalam mengejar rasio elektrifikasi 100% pada 2019, sehingga seluruh daerah terlistriki.

Subsidi Pemasangan Listrik Gratis Genjot Rasio Elektrifikasi

Halaman: 
Penulis : Vicky Anggriawan, De Sukmono