logo


Jarang Disadari, Kebiasaan Ini Bikin Kamu Gampang Sakit

Kebiasaan-kebiasaan yang salah dapat berdampak buruk bagi kesehatan.

6 Desember 2018 19:18 WIB

Ilustrasi sakit
Ilustrasi sakit ceotodaymagazine.com

Menggigit kuku

Sebuah sifat yang selalu dimiliki orang-orang cemas adalah menggigit kuku mereka. Tapi tahukah kamu bahwa menggigit kuku bisa berbahaya? Kamu memindahkan banyak kuman ke dalam mulut karena ujung jari menyentuh banyak hal yang berbeda. Jadi, jangan sampai semua bakteri jahat bersarang pada tubuh. Hal ini pun sangat tidak enak dipandang, apalagi ketika kamu berada di tempat umum, karena akan menurunkan citra diri.

Mengenakan lensa kontak sepanjang waktu


Awas, Makanan Ini Bisa Menimbulkan Kanker. Apa Saja?

Untuk kamu yang tidak memakai kacamata dan tetap memakai lensa kontak sepanjang hari, maka hati-hatilah. Atur penggunaan lensa kontak dalam sehari adalah sekitar 10 sampai 12 jam. Karena benda tersebut telah menghalangi jaringan mata dari penerimaan oksigen, pada waktu tertentu. Keadaan tersebut dapat mengundang berbagai infeksi atau merusak kornea dalam jangka panjang.

Terlalu banyak makan protein

Mungkin tidak masalah bagi kebanyakan orang, tetapi jika kamu sering mengonsumsi makanan ditambah minuman berprotein tinggi, maka bisa berdampak buruk. Hal ini karena akan membuatmu dehidrasi yang akhirnya mengakibatkan hilangnya kalsium hingga menciptakan masalah bagi ginjal. Karenanya, terlalu banyak mengonsumsi protein bisa membuatmu gemuk.

Ngemil saat tidak lapar

Ngemil ketika tidak lapar, dapat membuatmu melewatkan makanan yang sebenarnya dan kehilangan nutrisi hingga mineral penting sepanjang hari. Hal ini bisa membuat berat badan naik, dan akhirnya tubuh menjadi tidak sehat.

Memiliki ponsel yang kotor

Beberapa studi penelitian mengatakan bahwa layar ponsel memiliki lebih banyak bakteri daripada tempat duduk toilet. Hal ini memang terdengar sepele, tetapi jika tidak memperbaikinya akan merugikanmu. Seperti adanya bakteri menempel di wajah saat mengangkat telepon, oleh karena itu penting untuk membersihkan layar ponsel.

Terlalu sering keramas

Sebuah penelitian mengatakan bahwa sering keramas bisa mengganggu minyak alami dari rambut, sehingga membuatnya rapuh dan rentan terhadap kerontokan.

Salah plih makanan sebelum berolahraga

Dianjurkan agar kamu menghindari makanan tinggi serat dan tinggi lemak sebelum berolahraga. Hal ini karena makanan tersebut membutuhkan waktu untuk dicerna, dapat menyebabkan kram dan kelesuan. Lebih baik konsumsi sepotong buah dan air putih satu jam sebelum pergi olahraga.

Melewatkan sarapan

Orang-orang yang perutnya penuh karena sarapan, tidak akan makan berlebihan di siang hari. Begitupun waktu makan malam, sehingga tubuh tetap bugar dan jauh dari penyakit.

Hey, Es Loli Justru Bisa Menyembuhkan Sakit Tenggorokan Lho. Kok Bisa?

Halaman: 
Penulis : Uty Saifin Nuha