logo


Ketua DPR Minta Santri dan Pesantren Aktif Gerakan Perekonomian Nasional

Bamsoet mengatakan, HIPSI dan BUMDES harus bekerjasama guna memaksimalkan peran santri dan pesantren.

6 Desember 2018 18:27 WIB

Menkumham Yasonna Laoly dan Ketua DPR, Bambang Soesatyo (Bamsoet)
Menkumham Yasonna Laoly dan Ketua DPR, Bambang Soesatyo (Bamsoet) Jitunews/Khairul Anwar

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet), berharap, para santri dan pesantren turut aktif dalam menggerakan perekonomian nasional.

Bamsoet menilai, keberadaan santri dan pesantren yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia merupakan kekuatan sosial yang harus ditransformasikan menjadi kekuatan ekonomi.

"Saya mendukung upaya santri ‘zaman now’ yang telah melakukan berbagai terobosan untuk membantu pergerakan ekonomi rakyat. Pengabdian yang selama ini telah dilakukan kalangan santri dan pesantren melalui pembangunan akhlak, juga perlu ditingkatkan melalui pengabdian membangun ekonomi rakyat," ujar Bamsoet di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis (6/12).


Rakyat Partisipasi Pendanaan Parpol, Bamsoet: Kader Tak Gantungkan Cukong

Bamsoet mengatakan, Himpunan Pengusaha Santri Indonesia (HIPSI) dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) harus bekerjasama guna memaksimalkan peran santri dan pesantren.

Menurutnya, dengan adanya Dana Desa yang mencapai Rp 1 miliar, desa bisa melakukan berbagai upaya agar warganya bisa semakin sejahtera. Seperti yang sudah sukses dilakukan di Desa Umbul Ponggok, Klaten, yang mengembangkan wisata air.

"Potensi pariwisata, perdagangan dan sosial desa harus dilipatgandakan untuk kemakmuran masyarakat desa,” tuturnya.

“HIPSI bisa ikut berkontribusi menjadi mitra aktif BUMDES sebagai lokomotif pemberdayaan masyarakat. Jika aktivitas ekonomi sudah bergeliat, otomatis warga akan semakin sejahtera," pungkasnya.

Presiden Maju Terus Bangun Papua, Bamsoet: Saya Angkat Topi

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Riana