logo


Setelah Baca Ini, Yakin Masih Mau Menggunakan Ban Tubeless

Meskipun terlihat menguntungkan dibandingkan dengan ban biasa, tapi ada beberapa kerugian jika kendaraan menggunakan ban tubeless

6 Desember 2018 15:35 WIB

Sokbreker / Shock Breaker / Ban Motor
Sokbreker / Shock Breaker / Ban Motor gridoto.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Banyak pemilik sepeda motor untuk memilih ban tubeless. Banyak alasan mengapa memilih ban tubeless. Mulai dari peluang mengalami bocor pada ban sedikit dan lebih efisien tanpa menggunakan ban tubeless.

Meskipun terlihat menguntungkan dibandingkan dengan ban biasa, tapi ada beberapa kerugian jika kendaraan menggunakan ban tubeless. Berikut beberapa kerugian ketika menggunakan ban tubeless seperti yang Jitunews lansir dari wowmenariknya.com (6/12).

Baca Juga: Inilah Persamaan Prabowo dan Donald Trump Saat Memperlakukan Pers


Tak Banyak yang Tahu, Ini Cara Benar Naik Motor Boncengan

Gempa Bali dan Lombok 5,3 SR Terjadi Pada Kamis Kliwon, Apa Artinya?

Pertama, struktur lapisan karet ban tubeless lebih keras dan tebal sehingga tidak cocok digunakan di jalan yang berlubang dan rusak. Jika dipaksakan, lama kelamaan velg dan ban akan rusak akibat benturan.

Kedua, ban tubeless lebih berat dibandingkan dengan ban biasa. Jika digunakan pada motor dengan cc sedikit, hal itu bisa mengurangi kecepatan motor karena ban berat.

Ketiga, konsumsi bahan bakar bisa boros jika ukuran ban tubelessnya semakin besar. Hal itu dikarenakan area kontaknya semakin bertambah yang menyebabkan pemborosan pada bahan bakar.

Prabowo Sindir Pers, Kubu Jokowi: Prabowo dan Gerindra Besar Karena Pers, Kok Malah "Kacang Lupa Kulit"

Nah, itu tadi 3 kelemahan dari ban tubeless. Setiap ban memang punya kelebihan dan kekurangan, yang jelas tergantung spesifikasi motornya juga ya Kawan Jitu.

Jangan Disepelekan, Ini yang Harus Diperhatikan pada Ban Motor Saat Musim Hujan

Halaman: 
Penulis : Nugroho Meidinata