logo


Hey, Es Loli Justru Bisa Menyembuhkan Sakit Tenggorokan Lho. Kok Bisa?

Sakit tenggorokan bisa menimbulkan rasa gatal, kesulitan menelan, bau mulut, batuk ringan, dan pembengkakan kelenjar leher.

6 Desember 2018 18:00 WIB

Ilustrasi sakit tenggorokan
Ilustrasi sakit tenggorokan newvision.co.ug

1. Makan es loli

Kamu mungkin tidak percaya dengan saran yang satu ini. Saat sakit tenggorokan orang cenderung menghindari segala makanan dan minuman yang dingin. Akan tetapi, memakan es loli atau es batangan dapat membantu mendinginkan tenggorokan dan meredakan rasa sakit. Sakit tenggorokan menyebabkan tenggorokan merah dan meradang.

Seperti halnya peradangan, sesuatu yang dingin seperti es dapat membantu menguranginya. Namun bukan berarti kamu bisa makan es krim sebanyak-banyaknya. Sekali dua kali itu sudah cukup.


Simak, Begini Caranya Mengecilkan Perut Buncit, Gampang Ternyata!

2. Berkumur dengan air asin

Kamu mungkin tidak familiar dengan cara ini. Namun air garam yang hangat dpaat membantu tenggorokan terasa lebih baik dan mengurangi risiko infeksi. Cobalah berkumur dengan setengah sendok teh garam yang dilarutkan dalam satu cangkir air.

3. Hindari teh dan kopi

Makanan dan minuman hangat dapat terasa menyejukkan tenggorokan yang sakit. Akan tetapi, minuman seperti teh dan kopi harus dihindari karena kafein di dalamnya dapat membuat dehidrasi yang menyebabkan sakit tenggorokan semakin parah. Minumlah air panas dengan madu dan lemon atau sup dan kaldu untuk membantu meringankan rasa sakit. Tapi ingat, suhunya harus suam-suam kuku.

Sup dan kaldu sangat baik jika kamu kesulitan menelan karena memasukkan banyak nutrisi ke dalam tubuh sehingga membantu melawan penyakit. Menjaga tenggorokan tetap hangat dan lembap dapat menyembuhkannya lebih cepat.

4. Minum banyak air

Tubuh lebih mungkin mengalami dehidrasi saat sakit tenggorokan. Sebab di saat itu tubuh melawan virus dan menghabiskan banyak cairan. Oleh karenanya sangat penting untuk memastikan tubuh mendapatkan cukup cairan dari air. Sebisa mungkin minumlah air mineral dan hindari minuman berkafein atau alkohol. Kedua jenis minuman itu dapat membuat dehidrasi semakin parah memperpanjang waktu yang dibutuhkan tubuh untuk melawan infeksi.

5. Konsumsi pelega tenggorokan

Ada banyak pelega tenggorokan yang dapat dibeli di apotek atau toko. Pelega tenggorokan dapat meringankan rasa sakit. Di dalamnya terkandung obat yang meredakan rasa nyeri dan membantu mengatasi kesulitan menelan.

6. Hindari dingin

Udara dingin dapat mengiritasi tenggorokan dan membuat rasa sakit bertambah buruk. Cobalah berada di ruangan yang lebih hangat dan lembap untuk membuatmu lebih mudah bernapas. Cara lainnya adalah meletakkan kepala di bawah handuk dengan semangkuk air beruap selama beberapa menit atau mandi air panas yang panjang.

7. Berhenti merokok

Pilihan gaya hidup seperti merokok dapat menyebabkan sakit tenggorokan. Jadi jika kamu seorang perokok, cobalah untuk tidak merokok hingga sakit tenggorokan sembuh. Bahkan jika kamu bukan seorang perokok, cobalah menghindari lingkungan yang penuh dengan asap rokok agar tidak terjadi iritasi.

Awas, Makanan Ini Bisa Menimbulkan Kanker. Apa Saja?

Halaman: 
Penulis : Uty Saifin Nuha