logo


Awas, Makanan Ini Bisa Menimbulkan Kanker. Apa Saja?

Faktor utama yang menyebabkan kanker adalah menjalani gaya hidup yang tak sehat.

6 Desember 2018 13:32 WIB


Untuk itu, hindarilah makanan yang dapat memicu kanker. Dilansir dari TimesofIndia, pada hari Rabu (5/12), ada delapan makanan yang wajib kamu hindari untuk mencegah kanker.

1. Junk Food

Junk food menempati posisi teratas dalam menu makanan yang wajib kamu hindari. Junk food dinilai sebagai sumber utama kanker. Junk food ini biasa disebut dengan makanan cepat saji. Praktis dan harga yang relatif terjangkau membuat makanan ini diminati.


Tak Banyak yang Tahu, Ini 7 Manfaat Daun Salam Bagi Kesehatan

2. Makanan berlemak

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Oncology, total asupan lemak dan lemak jenuh dapat meningkatkan risiko terkena kanker paru-paru. Oleh sebab itu, ada baiknya mengurangi asupan makanan berminyak untuk memperoleh tubuh yang sehat.

3.  Alkohol

Menurut penelitian yang dilakukan oleh American Institute for Cancer Research (AICR) dan World Cancer Research Fund (WCRF), minum hanya segelas minuman beralkohol dapat meningkatkan risiko kanker payudara.

4.Kentang goreng

Terlihat biasa dan tak berisiko. Ternyata, menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Food Standards Agency (FSA) Inggris, kentang goreng dapat menimbulkan kerusakan pada kesehatan manusia. Kerenyahan kentang mungkin memberimu rasa yang sempurna, tetapi bisa juga menciptakan akrilamida.Ketika makanan bertepung dimasak dalam suhu tinggi, akrilamida akan dihasilkan. Bahan kimia ini berpotensi meningkatkan risiko kanker.

5. Minuman panas

Berhati-hatilah bagi Anda pencinta kopi atau teh yang suka menyeruputnya dalam kondisi panas. Kopi dan teh mungkin tidak berbahaya, tapi meminumnya dalam kondisi panas dapat menyebabkan kanker esofagus. Sederhananya jika kamu terus memaparkan tenggorokanmu dengan suhu tinggi, maka akan mengembangkan risiko tumor.

6.Minuman bersoda

Sekaleng minuman ringan mengandung sekitar 10 sendok teh gula yang bisa meningkatkan risiko kanker. Bagi kamu yang mencari alternative dengan mengonsumsi diet soda, yakinlah bahwa itu bukan alternatif yang lebih sehat karena pemanis buatan yang ada di dalamnya. Banyak penelitian telah menghubungkan pemanis buatan dengan penyakit stroke dan obesitas.

7. Daging olahan

Daging olahan benar-benar buruk bagi kesehatanmu. Daging olahan seperti salami dan bacon juga dapat mengandung nitrit dan nitrat. Menurut berbagai penelitian, aditif kimia ini terkait dengan kanker.

8. Popcorn microwave

Mengonsumsi popcorn tentu sangat menyenangkan. Namun, kamu harus berhati-hati bahwa bungkus popcorn yang kamu masukkan ke dalam microwave, akan berbahaya bagi kesehatanmu. kantung popcorn tersebut memiliki bahan kimia tertentu yang menjaga agar kernel tidak menempel padanya. Saat kamu memanaskan kantong, bahan kimia ini masuk ke dalam popcorn. Salah satunya adalah senyawa perfluorinated, yang terkandung di dalamnya.

Simak, Begini Caranya Mengecilkan Perut Buncit, Gampang Ternyata!

Halaman: 
Penulis : Uty Saifin Nuha