logo


BMKG: Gempa Berkekuatan 5,7 SR di Bali-NTB Disebabkan Oleh...

Gempa bumi berkekuatan 5,7 Skala Richter (SR) yang mengguncang wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB)

6 Desember 2018 11:47 WIB

Ilustrasi Gempa (sumber : pacitanku)
Ilustrasi Gempa (sumber : pacitanku)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Gempa bumi berkekuatan 5,7 Skala Richter (SR) yang mengguncang wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB) menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) diduda akibat akibat aktivitas Sesar Naik Flores (Flores Back Arc Thrust).

"Dengan memperhatikan lokasi episenter, kedalaman hiposenter, dan mekanisme sumbernya maka gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal, akibat aktivitas Sesar Naik Flores (Flores Back Arc Thrust)," ujar Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono dalam keterangan tertulis, Kamis (6/12).

Dilansir dari laman IDNTimes (06/12), Rahmat menjelaskan gempa tektonik yang terjadi pada pukul 08.02.47 WIB itu mengguncang sebagian besar wilayah Lombok dan Bali.


Wajib Tahu! Papua adalah Provinsi Paling...

Episenter atau titik gempabumi terletak di koordinat 8,5 Lintang Selatan dan 116,06 Bujur Timur, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 10 km arah barat laut Kota Mataram, Propinsi NTB, pada kedalaman 10 km.

Menurut Rahmat hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempa ini dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

Hamka Hamzah: Bohong Kalau Pelaku Sepakbola Indonesia Tak Kenal Vigit Waluyo

Halaman: 
Penulis : Raka Kisdiyatma