logo


Tak Banyak yang Tahu, Ini 7 Manfaat Daun Salam Bagi Kesehatan

Siapa sangka, daun salam punya banyak manfaat bagi kesehatan kita.

6 Desember 2018 08:30 WIB

Daun Salam
Daun Salam Hello Sehat

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Daun salam sering dipakai untuk bumbu masakan Indonesia. Tak hanya menambah rasa di makanan, daun salam juga bermanfaat bagi kesehatan.

Cara terbaik untuk mendapatkan manfaat daun salam kering adalah dengan mengolahnya menjadi teh. Berikut ini beberapa manfaat daun salam kering rebus untuk kesehatan seperti dikutip dari merdeka.com (8/5).

1. Melancarkan pencernaan. Atasi gangguan pencernaan seperti mulas, sembelit, dan perut kembung dengan minum teh daun salam. Seduh daun salam kering dengan air panas, kemudian diamkan sampai airnya berubah warna. Minum secara teratur.


Masih Muda Kulit Udah Kendur? Ini Nih Penyebabnya

2. Meredakan stres. Daun salam mengandung linalool yang berguna untuk menurunkan kinerja hormon stres. Saat merasa panik, gelisah, atau lelah, hirup aroma teh daun salam kering untuk aromaterapi.

3. Meringankan gejala flu, demam, dan infeksi. Teh daun salam kering juga bisa membantu menguatkan kekebalan tubuh untuk penderita 3 gejala penyakit ini.

4. Menjadikan tidur lebih lelap. Menghirup teh daun salam akan membantu menenangkan pikiran dan menjadikan tidur lebih nyenyak.

5. Perawatan untuk mimisan. Setelah mimisan disarankan meminum teh dari daun salam kering yang sudah digerus.

6. Manfaat daun salam untuk diabetes. Konsumsi 1-3 gram daun salam setiap hari selama 30 hari berturut-turut dapat mengefektifkan fungsi glukosa dan lipid pada penderita diabetes tipe 2.  Dikutip dari TheHealthSite, efek hipoglikemik daun salam dikaitkan dengan kehadiran minyak esensial dan fitokimia di dalamnya. Keduanya dapat membantu metabolisme insulin.

7. Mengatasi migrain. Salam mengandung partenolida yang baik untuk migrain. Rebus beberapa lembar daun salam lalu minumlah air rebusan tersebut secara teratur

Jangan Kaget, Ini Manfaat Daun Salam Bagi Kecantikan

Halaman: 
Penulis : Kesdik Bayu