logo


Keren! Untuk Kedua Kalinya, KESDM Sabet Penghargaan Penerapan LHKPN Terbaik

Penghargaan yang diterima KESDM pada Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia 2018 ini merupakan penghargaan kedua dalam dua tahun berturut-turut,

5 Desember 2018 22:48 WIB

Kementerian ESDM Sabet Penghargaan Penerapan LHKPN Terbaik 2018
Kementerian ESDM Sabet Penghargaan Penerapan LHKPN Terbaik 2018 ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Komitmen Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dalam mewujudkan tata kelola sektor ESDM yang baik dan bersih mendapat apresiasi dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Apresiasi ini diberikan atas upaya Kementerian ESDM mencegah korupsi melalui Kepatuhan Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) Tahun 2018.

Penghargaan yang diterima Kementerian ESDM pada Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia 2018 ini merupakan penghargaan kedua dalam dua tahun berturut-turut, setelah tahun 2017 menerima penghargaan Implementasi e-LHKPN Terbaik.


PLN: Kita Punya Utang, Tapi Peringkat Investment Grade Kita Bagus

Ketua KPK, Agus Rahardjo, mengungkapkan bahwa pencapaian KESDM meraih penghargaan LHKPN terbaik patut diapresiasi.

"Sebagai contoh, Kementerian ESDM dengan raihan LHKPN Terbaik, patut diapresiasi. Pasti ada peran Pak Jonan disana. Jadi di ESDM kalau tidak melakukan LHKPN, layanan kepegawaiannya dihentikan," ujar Agus dalam sambutannya, di Jakarta, Rabu (5/12).

Menanggapi apresiasi dari Ketua KPK tersebut, Menteri ESDM, Ignasius Jonan, mengungkapkan bahwa untuk meningkatkan kepatuhan LHKPN di lingkungan Kementerian ESDM, dirinya sebagai pimpinan lembaga harus memberikan contoh, dan melakukan monitoring secara terus menerus.

"Pertama, pimpinan lembaganya harus memberikan contoh. Kedua, himbauan yg terus menerus. Kalau itu wajib, Saya monitor. Tiap minggu Kepala Biro Sumber Daya Manusia lapor. Kalau ada yang belum lapor, saya kirim email ke seluruh pegawai. Ketiga, kalau sampai batas waktu belum lapor juga, layanan kepegawaiannya tidak dibuka, otomatis tunjangan kinerja, kenaikan pangkat tertunda. Menurut saya kalau sudah wajib LHKPN ya wajib saja," tegas Jonan.

Yeay! Perpres Mobil Listrik Siap Diteken Jokowi Awal 2019

Halaman: 
Penulis : Riana