logo


Pengamat Politik: Titik Lemah Jokowi Ada di...

Dalam Pilpres 2019, pengamat politik ungkap titik lemah Jokowi melawan Prabowo

5 Desember 2018 10:47 WIB

Jokowi galau/sedih
Jokowi galau/sedih rmol.co

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pengamat politik, Pangi Syarwi Chaniago ungkap titik lemah dari Jokowi. Ia mengungkap tiitk lemah Jokowi adalah citra anti Islam. Bahkan citra tersebut semakinn membesar setelah suksesnya reuni 212.

Selama ini, Jokowi telah dicitrakan anti Islam selama kepemimpinannya sejak 2014 silam. Padahal selama menjadi presiden, Jokowi rutin melakukan kunjungan ke pondok pesantren di tanah air, tetapi citra tersebut juga tak kunjung hilang.

Baca Juga: Tak Banyak yang Sadar, Ini Penyebab Utama Ketiak Mudah Basah Oleh Keringat


Puji Kerja KPK, Ruhut: Jangan Asal Omdo Kayak Prabowo

Penurunan Kinerja DPR, Fadli Zon Minta Harap Dimaklumi, Netizen: Kebanyakan Minum Jadi Minta Maklum

"Citra rezim anti Islam dan tuduhan mengkriminalisasi ulama menjadi titik lemah Jokowi untuk kembali terulang pertarungan lama antara Jokowi vs Prabowo dalam Pilpres 2019 mendatang," ujar Pangi yang Jitunews kutip dari NusantaraNews (4/12).

Paham mengenai hal tersebut, Jokowi dan partai pengusungnya melakukan berbagai upaya pendekatan ke massa pemilih muslim.

Kunjungan ke pesantren menjadi agenda rutin presiden dengan intensitas yang cukup tinggi agar dapat meyakinkan para ulama dan kiai di pesantren bahwa pemerintahannya berpihak pada umat dan bukan anti Islam seperti yang dituduhkan selama ini.

"Salah satu bukti keberpihakan Jokowi terhadap umat, menit-menit terakhir Jokowi memutuskan memilih ulama Kiai Ma'ruf  Amin sebagai calon wakil presiden pendampingnya. Jokowi ingin meredam sentimen anti Islam yang dicitrakan pada dirinya dan sekaligus merespons isu SARA yang gencara dituduhkan selama ini," tambahnya.

Jokowi Lantik Edo Kondologit Jadi Tim Relawan Papua Barat, Netizen: Gak Aneh, Non Muslim

Tetapi, dengan hadirnya Ma'ruf Amin apakah bisa mendongkrak elektabilitas Jokowi di mata umat? "Saya menilai belum berhasil, belum menemukan isu dan momentumnya , kesimpulan yang tidak terlalu prematur," tutupnya.

Pengamat Sebut Jokowi Akan Kewalahan di Pilpres 2019, Netizen: Pengamatnya dari Timses Sebelah

Halaman: 
Penulis : Nugroho Meidinata