logo


Rakyat Partisipasi Pendanaan Parpol, Bamsoet: Kader Tak Gantungkan Cukong

Partisipasi rakyat untuk ikut serta dalam pendanaan politik sangat penting guna menciptakan pemerintahan yang bersih

5 Desember 2018 10:30 WIB

Bambang Soesatyo.
Bambang Soesatyo. twitter @DPR_RI

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) menegaskan partisipasi politik rakyat dalam sistem pendanaan kepartaian merupakan salah satu jalan keluar agar partai politik (Parpol) tidak terkooptasi oleh kepentingan segelintir orang.

Menurutnya, partisipasi rakyat untuk ikut serta dalam pendanaan politik sangat penting guna menciptakan pemerintahan yang bersih.

"Dengan adanya partisipasi rakyat terkait pendanaan Parpol akan membuat kader Parpol yang maju dalam pemilihan, baik Pilkada, Pileg, maupun Pilpres, tidak menggantungkan finansial kepada para cukong yang biasanya akan meminta balas jasa. Mereka justru akan fokus berkerja keras memajukan kesejahteraan rakyat dan pembangunan. karena itu, rakyat harus didorong untuk memiliki kesadaran membangun partai politik,” ujar Bamsoet didalam siaran pers yang diterima Jitunews.com, Rabu (5/12).


Megawati Dicolek Gerindra Soal Khilaf Prabowo, PDIP: Jangan Gigit

Politisi Partai Golkar ini menjelaskan, Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2011 tentang Partai Politik sudah membuka peluang pendanaan politik oleh rakyat termasuk dalam sumbangan yang sah menurut hukum.

Partisipasi pendanaan tersebut harus dibarengi dengan transparansi, berupa keterbukaan dan kemudahan akses agar laporan penggunaan dana partai politik bisa dilihat oleh publik.

Fahri Hamzah: Jadi Makin Gemes Sama Pak Jokowi

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Aurora Denata