logo


Jangan Asal Telan, Ini Alasan Kenapa Obat Maag Harus Dikunyah Dulu

Memang kenapa harus dikunyah?

5 Desember 2018 06:45 WIB

Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Obat maag adalah golongan obat yang berfungsi untuk menetralisir asam di lambung. Beberapa orang yang pernah minum obat maag juga mungkin bertanya-tanya kenapa obat maag harus dikunyah dulu?

Obat maag umumnya mengandung kandungan aluminium, kalsium, magnesium, atau natrium bikarbonat. Kandungan inilah yang bertindak sebagai zat basa (alkali) untuk melawan lonjakan asam lambung yang tinggi dan pH yang sangat rendah.

Baca juga: Sering Telat Makan? Ini Efek Samping yang Akan Kamu Alami


Luar Biasa, Ini Alasan Kenapa Kamu Harus Menanam Pandan di Rumah

Dengan masuknya obat antasida ke dalam lambung, maka kondisi pH asam lambung yang terlalu asam bisa kembali normal. Umumnya memang obat maag harus dikunyah dulu sebelum ditelan. Memang kenapa harus dikunyah?

Melansir dari laman Hello Sehat, para peneliti dari Pusat Ilmu Kesehatan University of Oklahoma menemukan bahwa mengunyah obat maag lebih aman untuk mengontrol keasaman di kerongkongan dibandingkan menelan tablet antasida.

Selain itu, penelitian dalam Alimentary Pharmacology and Therapeutics menunjukan bahwa efektifitas obat antasida yang dikunyah akan lebih baik dibandingkan yang ditelan.

Hal ini dikarenakan ketika antasida ditelan, obat ini akan melewati lambung dengan terlalu cepat untuk menetralkan asam. Sedangkan, ketika kamu mengunyah antasida, antasida yang hancur ini ketika memasuki lambung sudah langsung siap bekerja, sehingga obat ini bekerja lebih efektif menyeimbangkan pH lambung.

Itulahmengapa obat maagharusdikunyahdulu, baru ditelan dan minumair.

Mantap, Ini 5 Manfaat Kesehatan dari Jambu Monyet yang Tidak Kamu Ketahui

Halaman: 
Penulis : Kesdik Bayu