logo


7 Alasan Mengapa Pencak Silat adalah Bela Diri Terbaik, Salah Satunya Karena Bukan Berasal dari...

Pencak silat kerap dipandang sebelah mata oleh masyarakat jika dibandingkan dengan jenis seni bela diri yang lainnya.

4 Desember 2018 14:34 WIB

Pencak Silat
Pencak Silat Instagram

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pencak silat kerap dipandang sebelah mata oleh masyarakat jika dibandingkan dengan jenis seni bela diri yang lainnya.

Namun, sebenarnya terdapat sisi dari pencak silat yang belum banyak diketahui dan menjadikannya lebih baik jika dibandingkan dengan seni bela diri yang lainnya. Berikut 7 alasanya, yang dikutip dari laman IDNTimes (04/12).

1. Pencak Silat tidak berasal dari Indonesia


Inilah Dampak 'Travel Advice' Bagi Wisata Mancanegara yang Ingin Berkunjung Ke Indonesia

Dalam bukunya Moh. Gilang menjelaskan bahwa Pencak silat adalah bela diri yang berasal dari kepulauan di nusantara, bukan berasal dari indonesia. Nusantara disini adalah wilayah bekas kekuasaan kerajaan Majapahit.

Oleh karena itu, setiap daerah di nusantara memiliki kekhasannya tersendiri. Keanekaragaman aliran pencak silat lah yang menyebabka bela diri ini unik jika dibandingkan dengan bela diri yang lain. Karena berasal dari nusatara, pencak silat merupakan bela diri yang paling cocok dengan nilai luhur masyarakat di nusantara sendiri.

2. Pencak Silat lebih dari sekedar bela diri

Pencak silat tidak hanya sekedar mengajarkan untuk dapat melindungi diri atau menyerang balik, namun dengan mempelajari ilmu perpencak silatan kita dapat memperoleh berbagai ilmu yang dapat kita aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam pencak silat diajarkan mengenai nilai-nilai realigi, seni, olahraga, dan bahkan dalam aspek besar berupa nilai-nilai bela negara. Sehingga bisa dikatakan bahwa pencak silat bukan hanya sekedar seni bela diri.

Menteri Susi Sebut Udang Menjadi Andalan Devisa Ekspor Kelautan Indonesia

Halaman: 
Penulis : Raka Kisdiyatma