logo


Menteri Susi Dorong Udang Jadi Andalan Raup Devisa Ekspor

Udang merupakan komoditas yang mendominasi struktur perdagangan ekspor produk perikanan nasional

3 Desember 2018 11:48 WIB

Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti
Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti Humas DJPB

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti mendorong udang sebagai andalan dalam meraup devisa. Hal ini mengingat komoditas ini memiliki peluang pasar ekspor yang terbuka dengan margin nilai yang besar. Disisi lain udang merupakan komoditas yang mendominasi struktur perdagangan ekspor produk perikanan nasional.

"Saya mengingatkan semua stakeholdersuntuk bekerjasama memajukan perekonomian perikanan baik laut, maupun budidaya. Terutama udang yang memberikan share dominan dalam struktur perdagangan ekspor produk perikanan nasional," ungkap Susi saat memberikan arahan dalam ajang Aquatica Asia dan Indoaqua 2018 di JIexpo Kemayoran, Jakarta. Kamis (29/11).

Menurutnya, budidaya sejak 30 tahun terakhir di seluruh dunia menjadi tumpuan dalam pemenuhan kebutuhan pangan yang naik setiap hari, seiring pertumbuhan penduduk yang terus naik.


Bisnis Akuakultur Siap Bertransformasi ke Era Industri 4.0

"Jadi permintaan ikan ini tidak akan berhenti. Kita ambil contoh, setiap tahun penduduk Indonesia itu naik 2 juta orang, bisa dihitung berapa tambahan kebutuhan ikan pertahunnya," imbuhnya.

Susi mengingatkan, bahwa saat ini dan kedepan critical issue bukan lagi masalah ideologi dan politik, namun masalah food security atau keamanan pangan.

Jamin Keamanan Produk, KKP Perkuat Pengendalian Residu dan Kontaminan Proses Produksi Akuakultur

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata